ADVETORIALGORONTALOHEADLINESKAB. GORONTALONASIONAL

Alasan Banyak Investor Asing Lirik Industri Kelapa di Kabupaten Gorontalo

KABGOR, sulutGO– Di tiga tahun terkahir ini, tidak sedikit investor asing yang menyatakan minatnya untuk menanamkan modal di daerah ini.

Hal ini pun mengundang tanya, ‘mengapa banyak investor asing yang berminat terhadap industri kelapa di Kabupaten Gorontalo? Padahal, dari segi luas wilayah, Kabupaten Gorontalo berada pada urutan 37 nasional’.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Gorontalo, Rahmat Pomalingo mengungkapkan, besarnya minat investor asing terhadap pertanian terutama kelapa di Kabupaten Gorontalo karena tak lepas dari peran KOPEK.

Dimana, organisasi KOPEK sendiri yang dinahkodai oleh Bupati Nelson Pomalingo berhasil menarik para investor di bidang industri kelapa untuk berinvestasi di daerah ini.

“Oleh karena itu, Kabupaten Gorontalo kerap dilirik oleh negara-negara lain sebagai tujuan investasi maupun studi banding terkait industri kelapa,” kata Rahmat.

Selain itu, tumpang sari kelapa dan jagung telah mendongkrak produktivitas kelapanya. Jika rata-rata nasional 40 butir per pohon per tahun, maka produktivitas kelapa di Gorontalo diperkirakan dua kali lipatnya.

“Saya belum pernah melihat kelapa sesubur ini di wilayah lain Indonesia,” tutur Xavier Bonneau ahli tanaman dan perkebunan CIRAD Prancis, saat sedang berkunjung ke Gorontalo, beberapa waktu yang lalu.

Menurutnya, pola tumpang sari membuat pendapatan petani meningkat. Petani pun tidak tergantung pada kelapa saat harga anjlok seperti saat ini. (adv/i)

Be Sociable, Share!

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
%d bloggers like this: