ADVETORIALGORONTALOHEADLINESKAB. GORONTALO

Bahas Pemekaran Daerah Kota Talaga, ‘Ambua Lo Talaga’ Sambangi Bupati Gorontalo

KABGOR, sulutGO– Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo menerima kunjungan silaturahmi ‘Ambua lo Talaga’ yang dipimpin oleh tokoh masyarakat Weni Liputo, yang juga selaku mantan pejabat Walikota Gorontalo periode 2013-2014, di rumah dinas Bupati Gorontalo, Selasa (16/7/19).

Dalam kesempatan itu, rombongan Ambua lo Talaga menyampaikan beberapa point penting yang berkaitan dengan pembangunan di daerah, khususnya terkait pemekaran daerah di Telaga cs untuk menjadi Kota Telaga.

Adapun hal yang disampaikan Weni Liputo, selaku Ketua Komite Pembentukan Kota Talaga di hadapan Bupati Gorontalo yakni dengan mempertimbangkan point-point sebagai berikut; 1) Pertumbuhan pembangunan di daerah Telaga yang semakin meningkat; 2) Jumlah penduduk wilayah Telaga di masing-masing kecamatan makin meningkat, dilihat dari indikatornya, dimana semakin banyak pengajuan ijin pembangunan perumahan; 3) Pengembangan Kota Telaga yang sangat strategis jika diberlakukam pemekaran karena diapit dua daerah dari wilayah timur yaitu Kota Gorontalo dan Kabupaten Bone Bolango serta Kabupaten Gorontalo sendiri; 4) Letak geografis yang sangat memungkinkan karena memiliki hutan, sungai dan danau; 5) Sumber daya manusia yang berasal dari Talaga banyak dan tersebar di pemerintahan, partai politik, dan swasta yang sudah berkontribusi bagi Provinsi Gorontalo; 6) Saat ini memang masih moratorium pemekaran, akan tetapi pemekaran kota Talaga punya celah mengingat wilayah Kota yang akan diusulkan.

“Kami dari pihak komite sangat berterima kasih dan berharap pak Bupati akan bersama-sama dengan komite serta rakyat Talaga, berjuang menuju Talaga menjadi Wajah Baru di Gorontalo untuk rakyat sejahtera,” tandas Ketua Komite Pembentukan Kota Talaga, Weni Liputo.

Sementara itu, Bupati Gorontalo sangat merespon baik apa yang menjadi aspirasi rakyat Telaga cs yang disampaikan oleh Komite Pembentukan Kota Talaga.

Bupati pun pada kesempatan itu memberikan masukan dan arahan ke komite baik yang bersifat penguatan kerja komite maupun terkait kesiapan masyarakat wilayah dan infrasktruktur yang dibutuhkan menuju proses pembentukan Kota Talaga.

Sehingganya, Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo menegaskan akan segera menyusun langkah strategis dan sistematis dalam rangka pemekaran daerah, melalui perencanaan yang baik dan benar.

“Selanjutnya, menyiapkan data dan informasi untuk kajian ilmiah dalam penyusunan proposal pemekaran Kota Talaga, memperkuat dan memperluas jaringan serta dukungan dari tokoh nasional yang berasal dari Gorontalo untuk mempercepat Kota Talaga, mengkaji dan mengusulkan pembangunan infrastruktur dan ekonomi kota Telaga, menyiapkan SDM Kota Talaga untuk memperkuat tata organisasi nanti, dan pemerintah kabupaten siap menganggarkan pemekaran Kota Talaga jika proposal sudah selesai,” kata Bupati Nelson. (adv)

Be Sociable, Share!

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close