ADVETORIALGORONTALOGORONTALO UTARA

Berbasis e-Planning, Sekda Gorut Ingin Musrembang Berkualitas dan Serap Aspirasi Masyarakat

GORUT, sulutGO– Pemerintah Daerah (Pemda) Gorontalo Utara (Gorut) melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) Gorut, menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) penyusunan dokumen daerah berbasis e-planning tingkat Kabupaten Gorut, Tahun 2019.

Bertempat di Aula Kantor BAPPEDA Gorut, kegiatan tersebut dalam rangka persiapan Musyawarah Rencana Pembangunan Desa (Musrembang).

Sekretaris Daerah (Sekda) Gorut, Ridwan Yasin, saat membuka kegiatan tersebut, menyampaikan bahwa e-planning dilakukan guna mengintegrasikan penyusunan RPJMD, RKPD, KUA-PPAS perubahan dan RKPD perubahan yang disesuaikan dengan cepat, tepat, akurat, dan transparan sesuai dengan amanat Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 86 tahun 2017 tentang tata cara perencanaan pengendalian dan evaluasi RPJPD dan RPJMD serta tata cara perubahan RPJPD, RPJMD dan RKPD.

“Kegiatan ini saya anggap penting untuk diikuti dengan baik. Dengan adanya sistem perencanaan pembangunan daerah berbasis e-planning Pemerintah Kabupaten Gorontalo Utara dapat menyajikan analisa yang sangat informatif bagi pemangku kepentingan,” ungkap sekda.

Mengingat rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD) Gorut, Tahun 2018- 2023 sudah berbasis e-planning, maka sekda berharap program aplikasi dan e-Planning ini harus dapat menghasilkan musrembang yang berkualitas dengan mempertimbangkan aspek kebutuhan prioritas masyarakat.

“Ya, tentu yang diharapkan adalah melalui musrembang nanti mampu menjaring aspirasi dan kebutuhan masyarakat sesuai dengan skala prioritas masyarakat yang ada di desa. Sehingganya, yang dihasilkan dalam musrembang benar-benar berkualitas dari rakyat dan untuk rakyat,” jelas Sekda.

Olehnya, Ridwan berharap dengan adanya aplikasi ini, RPJMD yang merupakan pedoman dalam pelaksanaan pembangunan selama 5 tahun dapat berjalan sesuai dengan harapan bersama.

“Melalui sistem perencanaan berbasis e-planning terintegritas dapat menghasilkan sistem perencanaan yang lebih efisien efektif serta akuntabel demi mewujudkan komitmen Pemerintah Kabupaten Gorontalo Utara untuk melaksanakan rencana aksi program pemberantasan korupsi terintegrasi melalui penguatan sumber daya manusia di daerah serta perbaikan sistem dan tata kelola pemerintahan,” tutup sekda.

Foto: Arif humas

Bimtek tersebut menghadirkan narasumber dari Lembaga Pengembangan Sistem Informasi Manajemen Pembangunan Pusat, Andi Erwing. (adv)

Be Sociable, Share!

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close