ADVETORIALGORONTALOHEADLINESKAB. GORONTALO

Bupati Nelson Minta Penggunaan Dana Desa Harus Terarah dengan Baik dan Benar

LIMBOTO, sulutGO– Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo membuka rapat koordinasi dan evaluasi pemerintah, pembangunan dan kemasyarakatan tingkat Kabupaten Gorontalo, yang dilaksanakan di Aula Kasmat Lahay, Sabtu (13/7/19).

Hadir dalam kegiatan tersebut, Sekertaris Daerah Ir. Hadijah U Tayeb, para asisten, Staf Ahli Bupati, pimpinan OPD, Camat serta kades/lurah se Kabupaten Gorontalo.

“Rapat koordinasi dimaksudkan untuk mengevaluasi penyerapan dana desa dan keluarahan. Selain itu, dalam rangka membahas pilkades serta mengevaluasi pelaksanaan program yang sudah dilaksanakan dan yang akan dilaksanakan,” kata Bupati Nelson mengawali sambutannya.

Selain itu, lanjut Bupati, rapat ini dilakukan dalam rangka untuk melakukan evaluasi pendampingan desa terkait kegiatan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat, kemudian mengkoordinasikan kegiatan program pembangunan dan pemberdayaan masyarakat.

“Merumuskan langkah pemecahan masalah yang dihadapi selama pelaksanaan program pembangunan dan pembeedayaan masyarakat dan pengendalian serta menindaklanjuti renca kerja kedepan,” ujarnya.

Terkait penyerapan dana desa, Bupati berharap dana desa diperuntukan untuk pembangunan dan pemberdayaan masyarakat.

Dimana, penyerapan dan penggunaaan dana desa harus diinformasikan dan dilaporkan sesuai arah penggunaan dana desa yang benar dan baik.

Bupati menambahkan, anggaran untuk dana desa dari tahun ke tahun terus meningkat. Menurutnya, peningkatan dana desa secara signifikan juga demi mengembangkan desa atau wilayah tersebut.

“Tapi pastikan anggaran dana desa dan kelurahan digunakan demi pembangunan yang memberi manfaat besar bagi wilayah desa dan keluarahan serta manfaat bagi masyarakat,” ujar Nelson lagi.

Ia mengakui, memang masih ada problema-problema yang ditemui di lapangan. Tapi problema-problema ini diminta agar segera diselesaikan.

“Mohon catatan- catatan ini menjadi bagian yang harus diselesaikan oleh aparat desa,” imbuh Nelson.

Ia juga menyampaikan, baik dana desa maupun dana kelurahan akan dievaluasi secara terus-menerus.

Sementara itu, terkait Pilkades serentak, Nelson mengatakan sudah ada rancangannya, sehingga ia meminta agar mengikuti dengan baik sesuai prosedur dan dipersiapkan dengan matang, serta disosialisasikan dengan baik pula.

“Saya berharap apa yang dibicarakan hari ini segera ditindaklanjuti untuk yang akan datang,” tandasnya. (adv)

Be Sociable, Share!

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close