ADVETORIALGORONTALOGORONTALO UTARAHEADLINES

Cegah Dampak Kerawanan Pangan, Bupati Indra: Manfaatkan Potensi Pangan di Gorut

GORUT, sulutGO– Ketahanan pangan di Kabupaten Gorontalo Utara (Gorut) perlu mendapat perhatian dari Pemda Gorut, khsususnya oleh Dinas Ketahanan Pangan Gorut.

Hal ini disampaikan bupati saat membuka di Rapat koordinasi Sistem Kewaspadaan Pangan dan Gizi (SKPG), yang berlangsung di ruang rapat Dinas Ketahanan Pangan Gorut, Kamis (11/7).

“Ya, rapat ini tentu dilaksanakan dengan tujuan memonitoring situasi pangan dan penanganan rawan pangan sehingga akan terwujud ketahanan pangan yang baik di Gorut,” ujar Bupati Indra.

Orang nomor satu di Gorut itu menjelaskan, ketahanan pangan merupakan suatu kondisi terpenuhnya pangan bagi rumah tangga yang tercermin dari tersedianya pangan secara cukup, baik jumlah maupun mutu, kemudian aman, merata, dan terjangkau.

“Ya, sedangkan kerawanan pangan merupakan kondisi ketidakcukupan pangan pada masyarakat atau rumah tangga,” jelasnya.

Sehingganya bupati berharap, dengan SKPG maka kondisi dampak kerawanan pangan di Gorut dapat diatasi.

“Salah satu cara menjaga ketahanan pangan, yakni dengan merawat lumbung pangan di Gorut, sehingganya kepada OPD saya meminta untuk terus memonitoring, mengevaluasi, baik melalui pengelolaan data, maupun informasi tentang situasi pangan dan gizi itu. Data yang diperoleh itu harus segera diproses, disimpan, dan dianalisis,” pungkasnya.

“Saya minta seluruh stakeholder untuk bergerak bersama mewujudkan ketahanan pangan yang maksimal. Mulai dari camat, kepala desa, hingga masyarakat saya minta untuk memanfaatkan pekarangan yang ada di desa. Halaman rumah yang luas juga dapat kita manfaatkan untuk bercocok tanam,” tambahnya.

Rapat SKPG ini turut dihadiri oleh pihak Badan Pusat Statistik (BPS) Gorut, serta menghadirkan nara sumber dari Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Gorontalo. (adv)

Be Sociable, Share!

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close