ADVETORIALGORONTALOHEADLINESKAB. GORONTALOLEGISLATOR

Dinilai Tepat, Ketua Dekab Support Gagasan Bupati Dirikan Politani

GORONTALO, sulutGO– Politeknik Pertanian (Politani) Gorontalo yang berada di bawah naungan Yayasan Taman Cendekia dan berkolaborasi dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Gorontalo telah diresmikan, kemarin, Selasa (5/1/19) oleh Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo.

Dikatakan Bupati Nelson bahwa Politani Gorontalo merupakan satu-satunya institusi yang berada di Gorontalo dan menyelenggarakan pendidikan tinggi vokasional jenjang D-4, dengan tujuan untuk menghasilkan tenaga ahli profesional dalam bidang pertanian, perikanan dan peternakan yang menyediakan 5 prodi yakni prodi kelapa, prodi jagung, prodi holtikultura, prodi peternakan dan prodi perikanan.

Keberadaan Politani ini pun mendapat tanggapan positif dan atensi dari Ketua DPRD Kabupaten Gorontalo, Sahmid Hemu. Dimana menurutnya, hal ini merupakan salah satu langkah tepat pemerintah dalam meningkatkan sumber daya manusia (SDM) di Gorontalo.

“Saya sangat mendukung politani yang digagas oleh bupati ini, karena itu merupakan upaya untuk meningkatkan kualitas SDM, karena tidak bisa dipungkiri sumber penghidupan masyarakat Gorontalo adalah dari sektor pertanian, sehingga jangan kita abaikan ini,” tutur Sahmid.

Ditegaskannya bahwa persoalan terpenting dalam memaksimalkan SDA yang ada ini adalah mengubah pola pikir masyarakat, sehingga dirinya menginginkan keberadaan politani ini dapat merubah mindset dan metode masyarakat dalam bertani.

“Memang kelemahan kita di situ, petani kita masih banyak yang mengacu pada pola bertani yang lama/tradisional dan masih kurang ide kreatif untuk memanfaatkan kekayaan alam,” ujarnya lagi.

Sebab, kata Ketua Dekab, Gorontalo memiliki potensi yang sangat besar untuk pengembangan pertanian. Selain lahan yang luas, sumber air juga mencukupi, bahkan berlebih.

“Hal ini patut kita syukuri. Tinggal bagaimana kita mengelola potensi tersebut,” tandas Sahmid. (vt)

Be Sociable, Share!

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close