ADVETORIALBERITABOALEMOGORONTALO

Evaluasi Pengelolaan Dana Desa, Bupati Darwis : Programnya Harus Bersentuhan Dengan Kebutuhan Masyarakat

BOALEMO, sulutGO – Untuk melihat sejauh mana progres pelaksanaan dan penyelenggaraan dana desa dan alokasi dana desa tahun 2018, Bupati Boalemo H. Darwis Moridu melakukan evaluasi pengelolaan keuangan bagi seluruh alokasi dana desa tahun 2018.

Evaluasi dilakukan, guna mempercepat penyelesaikan seluruh kegiatan baik bidang pemberdayaan dan pembangunan desa. Kegiatan yang dihadiri seluruh Camat, Kepala desa dan bendahara desa tersebut dilaksanakan di kediaman Bupati Darwis Moridu, tepatnya di Desa Kotaraja Kecamatan Dulupi.

Dalam kegiatan evaluasi tersebut Bupati Darwis menemukan, realisasi penyerapan anggaran anggaran dana desa tahun 2018 yang masuk ke setiap kas desa sebesar 72 milyar rupiah sampai saat ini masih dibawah harapan pemerintah pusat.

Untuk itu, Bupati Darwis meminta, realisasi serapan anggaran dana desa harus segera dimanfaatkan untuk pemanfaatan pembangunan desa sesuai harapan pemerintah.

“Hingga saat ini desa yang belum merealisasikan penyaluran dana desa tahap III antara lain di Kecamatan Tilamuta adalah Desa Limbato, Piloliyanga, Ayuhulalo dan Hungayonaa. Kemudian di Kecamatan Botumoito ada Desa Bolihutuo, Tutulo dan Dulangeya, Kecamatan Dulupi adalah Desa Dulupi. di Kecamatan Wonosari ada dari Desa Harapan, Desa Pangea dan Desa Suka Mulya. Kecamatan Paguyaman Desa Bongo Nol, dan Desa Balate Jaya serta di Kecamatan Paguyaman Pantai masing-masing Desa Bangga dan Olibu,” kata Bupati Darwis.

Melihat kondisi ini maka Bupati Darwis Moridu meminta kepada seluruh Camat untuk segera melakukan evaluasi kinerja aparat desa dan lembaga desa, sebab batas penyaluran dana desa berakhir pada 15 Desember ini. Bupati Darwis juga berharap, pemerintah desa mampu melaksanakan program kegiatan yang bersentuhan langsung dengan kebutuhan masyarakat. (Hms/Adv)

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close