ADVETORIALGORONTALOHEADLINESKAB. GORONTALOLEGISLATOR

Jayusdi: DPRD Akan Dampingi Program Perumahan Swadaya Berbasis Komunitas di Kabgor

KABGOR, sulutGO– Sebagai bentuk pengawasan DPRD Kabupaten Gorontalo dalam mengontrol pelaksanaan program pemerintah daerah sehingga terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan pada proses pembangunan Perumahan Swadaya Berbasis Komunitas yakni dengan melakukan pendampingan.

Hal itu dikatakan oleh Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Gorontalo Jayusdi Rivai yang ditemui oleh awak media usai mengikuti rapat kerja bersama Pemerintah Pusat dalam hal ini Kementerian PUPR dan Pemerintah Daerah, di Kantor Bupati, Kamis (11/7/19).

“Untuk model pengawasan pertama kami di DPRD khususnya Komisi I akan mendampingi persoalan proses reristribusi lahannya,” tuturnya.

Mengapa diperlukan pendampingan? Sebab menurut Jayusdi, program ini merupakan program penting Pemerintah Pusat yang harus diwujudkan bersama, sehingga segala prosesnya mulai dari pengukuran lahan hingga pengsertifikatannya tidak akan menemui kendala.

“Meski semua proses telah selesai, kita juga tidak boleh melupakan hak-hak keperdataan dan hak kepemilikan eks HGU,” ucap Jayusdi.

Setelah persoalan lahan selesai, lanjutnya, maka kemudian akan masuk ke tahapan selanjutnya yakni tahap pembangunan, dan orang-orang yang akan menempati rumah ini pun harus diawasi.

“Kita harus lihat apakah penerima sesuai dengan persyaratan yang ada atau tidak?, SK Bupati yang keluar sesuai dengan nama-nama yang tinggal atau jangan sampai nama A yang muncul, tapi nama B yang tinggal, atau jangan sampai nama A yang tinggal tapi di kontrakan ke orang lain,” jelas Aleg fraksi PPP ini.

Olehnya itu, jika hal-hal tersebut dapat diawasi dengan baik, maka akan terlaksana pula pembangunan yang baik.

“Dan jika ini terlaksana dengan baik, insha Allah perhatian pemerintah pusat akan tetap ada, saya yakin bukan hanya 1.500 rumah yang akan diberikan Pemerintah pusat kepada kita, bahkan saya yakin 10.000 bahkan 15.000 rumah yang akan diberikan pada kita,” pungkasnya. (adv)

Be Sociable, Share!

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close