ADVETORIALGORONTALOHEADLINESKAB. GORONTALOLEGISLATOR

Komisi I Dekab Apresiasi Capaian RPJMD & Opini WTP Pemkab Gorontalo

LIMBOTO, sulutGO– Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo, kemarin, Selasa (11/06/19) melaporkan Pertanggung jawaban Pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun 2018 di hadapan DPRD Kabupaten Gorontalo dalam agenda pembahasan rapat Paripurna, di ruang sidang DPRD.

Dalam laporannya, Bupati Nelson Pomalingo menyampaikan kinerja Pemerintah Kabupaten Gorontalo baik dari Menpan dan BPK RI. Ia juga melaporkan evaluasi RPJMD selama 3 tahun terakhir yang mencapai 82 persen.

“Alhamdulillah, dari Menpan kinerja kita meraih nilai B yang selama ini C, serta meraih penghargaan dari BPK RI atas Opini WTP sembilan kali berturut-turut,” tutur Bupati.

Pada kesempatan itu pula, Bupati melaporkan realisasi pelaksanaan APBD Kabupaten Gorontalo 2018 yang teridiri dari Pendapatan Asli Daerah serta pendapatan lainnya yang sah, yang mencapai 98 persen dari target yang ditentukan, serta penyerapan anggaran mencapai 92,57 persen dari anggaran yang dialokasikan.

Pembahasan sidang paripurna tersebut, dilanjutkan dengan pandangan Umum Fraksi masing-masing, dimana dalam pandangan umum tersebut fraksi-fraksi menyatakan mendukung dan selanjutnya untuk di bahas ke tingkat selanjutnya.

Sementara itu, Komisi I juga memberikan Apresiasi kepada Pemerintah Kabupaten Gorontalo, selaku penyelenggara Pemerintahan yang 9 kali berturut-turut meraih Opini BPK-RI, Wajar Tanpa Pengecualian (WTP), dimana pada masa pemerintahan Bupati Nelson meraih Opini WTP sebanyak 3 kali berturut-turut.

“Pada dasarnya apa yang dicapai oleh pemerintah daerah Kabupaten Gorontalo sudah positif, salah satunya terkait raihan Opini WTP dan peningkatan RPJMD. Bupati juga telah memberikan tambahan penjelasan terkait apa yang menjadi pandangan fraksi. Kelihatan bahwa ada perkembangan yang luar biasa selama 3 tahun ini khususnya,” ungkap Ketua Komisi I, Jayusdi Rivai.

Untuk itu, Jayusdi berharap kedepan, apa yang dicapai oleh Pemerintah Kabupaten Gorontalo dapat terus dipertahankan. (vt)

Be Sociable, Share!

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close