ADVETORIALGORONTALOHEADLINESKAB. GORONTALOOLAHRAGA

Meriahkan HUT RI, Ribuan Siswa SD di Kecamatan Limboto Ikut Gerak Jalan

LIMBOTO, sulutGO- Dalam rangka memperingati hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-74, Pemerintah Kecamatan Limboto menggelar kegiatan gerak jalan Senin, (12/08/19).

Gerak jalan yang dilepas langsung oleh Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo ini, sebagai rutinitas setiap tahun. Pesertanya dari Sekolah Dasar dan sederajat yang selanjutnya sore nanti akan diikuti siswa SMP dan Ibu-ibu PKK se Kecamatan Limboto.

Ketua Tim Penggerak Kabupaten Gorontalo Dr. Fory Naway, Camat Limboto Guntur Pakaya, Kapolsek, Kasat Satpol Udin Pango serta sejumlah Lurah di Kecamatan Limboto turut menghadiri kegiatan tersebut.

Tidak lupa usai melepas peserta gerak jalan, Bupati Nelson menyampaikan di momentum hari kemerdekaan yang perlu di tanamkan rasa perjuangan dan disiplin dalam Nasionalisme.

“Yang tercipta Nasionalisme mereka karena di situ mereka ada rasa perjuangan rasa disiplin. Karena sebagainya kita punya nasionalisme,” ucap Nelson.

Tidak hanya itu, Nelson menyampaikan bahwa yang paling penting lagi dengan adanya lomba tersebut juga bisa berolahraga, dengan melalui rute kurang lebih 2 km.

“Mereka pasti seperti olahraga juga, jadi dengan mereka punya fisik yang sehat mereka juga akan cerdas. Juga yang paling penting lagi adalah kebersamaan bisa lihat antara orang tua dengan sekolah, antara sekolah dengan anak-anak dan sebagainya. mudah-mudahan dengan begitu anak-anak itu punya cita cita yang baik,” katanya.

Baginya, bukan hanya anak-anak yang ikut melestarikan kegiatan tersebut namun juga adanya keterlibatan masyarakat secara langsung. Bahkan tanggal 16 nanti akan ada keterlibatan gerak jalan lansia.

“Bukan sekedar anak-anak tapi juga keterlibatan dari masyarakat karena ada pemuda ada juga bapak-bapak bahkan tanggal 16 kalau tidak salah itu akan ada lansia jadi peserta gerak jalan, maka kerinduan akan kebersamaan mereka dulu dapat di tumbuhkan lagi sehingga mereka punya semangat untuk menjalani hidup, ini yang kita akan lakukan tanggal 16 khusus lansia tapi jaraknya tentunya akan di sesuaikan,” tandas Nelson.

Di tempat yang sama, Camat Limboto Guntur Pakaya, berterima kasih kepada Bupati yang telah meluangkan waktu untuk bisa melepas peserta gerak jalan. Dan juga telah memberikan ruang bagi OPD dan ASN untuk berinovasi.

“Kami berterima kasih pada bapak Bupati Gorontalo bersama Ibu ketua tim penggerak PKK yang memberi kesempatan kepada kita semua baik ASN dan masyarakat untuk senantiasa berinovasi berkreasi dan memunculkan hasil yang tentunya menjadi harapan beliau untuk di kolaborasikan dengan visi misi yang beliau programkan selama ini,” ujar Guntur.

Guntur juga menambahkan, ada dua hal penting yang barangkali bisa di ambil hikmahnya. Yang pertama, memperingati hari proklamasi Kemerdekaan, kemudian yang kedua, sekaligus memperingati hari anak nasional.

“Oleh karenanya anak-anak berkumpul hari ini kurang lebih seribu seratus lima puluh enam, (1156) itu dari tiga puluh empat (34) sekolah SD se kecamatan Limboto, itu baru hari pertama kemudian untuk besok hari akan diikuti oleh, SMP derajat,” tambah Guntur.

Terakhir Guntur mengatakan, Dengan adanya kegiatan ini memberikan semangat untuk bagaimana menghargai hasil perjuangan para pahlawan.

“Ini bukti semangat untuk mengisi kemerdekaan itu melalui gerak jalan, jadi gerak jalan ini pasti akan menumbuhkan rasa disiplin rasa kebersamaan rasa persaudaraan dan semangat perjuangan. saya kira itu yang paling penting,” tutupnya. (Adv/rls)

Editor : Fitra Wahyula Tonote

Be Sociable, Share!

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
%d bloggers like this: