ADVETORIALGORONTALOHEADLINESKAB. GORONTALONASIONAL

Pemkab Dorong Program 1 Juta Rumah, Bakal Mudahkan Komunitas Profesi di Kabgor Miliki Rumah

Nelson: Tidak Menutup Kemungkinan Wartawan Juga Bisa

LIMBOTO, sulutGO– Bupati Gorontalo Prof. Nelson Pomalingo didampingi Kepala Dinas Perumahan & Kawasan Permukiman (Perkim) Rahmat Doni Lahatie, siang tadi, Selasa (07/05/19) menerima kunjungan dari Dirjen Penyediaan Perumahan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), di Rumah Dinas Bupati Gorontalo.

Ketua Satgas Pengawasan dan pengendalian Program Satu Juta Rumah, Luki Korah mengatakan, kunjungan tersebut bertujuan untuk mendorong percepatan pembangunan program satu juta rumah yang sedang berjalan saat ini di Indonesia, salah satunya di Gorontalo dan khususnya di Kabupaten Gorontalo.

“Program sejuta rumah ini merupakan program yang dicanangkan Presiden Joko Widodo sejak tahun 2015, dan pada 2018, target 1 juta rumah sudah tercapai. Bahkan telah berhasil melampaui target,” tutur Muhammad Yusuf selaku Direktur Perumahan Umum dan Komersial melanjutkan penjelasan dari Ketua Satgas Luki Korah.

Di tahun ini pun, pihaknya menargetkan untuk membangun kembali sebanyak 1,25 juta rumah. Sehingganya, kehadiran mereka pada kesempatan ini diharapkan menjadi daya ungkit bagi pemerintah daerah untuk mendorong pembangunan perumahan, dan kebutuhan rumah di kabupaten Gorontalo agar bisa diselesaikan dengan waktu yang tidak terlalu lama.

Sementara itu, Bupati Gorontalo Prof. Nelson Pomalingo mengatakan, terkait program satu juta rumah tentunya bisa menjadi peluang bagi pemerintah Kabupaten untuk mempercepat pembangunan rumah bagi masyarakat berpenghasilan rendah.

“Program ini tentunya menjadi peluang bagi kita, dimana sebelumnya kita punya target membangun 10 ribu rumah, dan saat ini sudah dibangun 7 ribu rumah. Selain itu, untuk meraih target satu juta rumah yang dicanangkan oleh pemerintah pusat, maka tahun ini, Kementerian PUPR mengembangkan program perumahan berbasis komunitas,” jelas Nelson.

Program ini pun menurut Bupati Nelson, dinilai bisa membantu memudahkan masyarakat dari komunitas profesi tertentu untuk memiliki rumah.

“Pembangunan rumah berbasis komunitas itu termasuk seperti honorer, abang bentor, dan lainnya,” imbuhnya.

Saat ini, untuk program satu juta rumah, Pemerintah mengaku telah menyiapkan tanah yang berlokasi di Isimu. Selain itu masterplannya juga sedang disiapkan dan akan dibahas dalam rapat untuk dibuatkan konsep berkelanjutan.

“Tidak menutup kemungkinan juga berbagai profesi lain bisa mengikuti program ini, misalnya komunitas wartawan,” ujar Nelson.

Dengan demikian, diharapkan semakin banyak masyarakat Kabupaten Gorontalo yang berkesempatan memiliki rumah. (adv)

 

Be Sociable, Share!

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
%d bloggers like this: