ADVETORIALGORONTALOHEADLINESKAB. GORONTALOKESEHATAN

Pentingnya Gedung Instalasi Farmasi, Untuk Jaga Kualitas & Buffer Stock di Kabupaten Gorontalo

dr. Roni Sampir : Instalasi Farmasi Sangat Dibutuhkan

KABGOR, sulutGO– Pemerintah Kabupaten Gorontalo akan melakukan pembangunan gedung instalasi farmasi yang berlokasi di Menara Pakaya, Limboto.

Fungsi dari instalasi farmasi adalah sebagai buffer stock untuk Kabupaten Gorontalo. Dengan adanya instalasi farmasi ini, bila ada kekurangan obat-obatan, dari kecamatan/desa dapat segera mengajukan melalui Dinas Kesehatan Kabupaten Gorontalo.

Menurut Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Gorontalo dr. Roni Sampir, pembangunan instalasi farmasi ini sangat dibutuhkan. Sebab, selain untuk menjamin ketersediaan obat-obatan, akan tetapi juga menjaga keefektifan penggunaan obat serta untuk memenuhi dan keamanan kualitas obat.

“Sehingga jika fasilitas obat tidak referenstatif maka dikhawatirkan akan berpengaruh pada kualitas obat,” kata dr. Roni, Rabu (19/6/19).

Dengan demikian, sambung Roni Sampir, obat-obat yang disimpan digedung itu, tentu kualitasnya dan khasiat obatnya juga terjaga.

“Kalau obat itu tidak disimpan pada temperatur panas serta gedung udaranya tidak bagus, maka itu akan mempengaruhi kualitas obat dan obat-obat ini akan cepat rusak,” jelasnya.

Kadis Kesehatan berharap, pembangunan gedung instalasi farmasi segera terwujud dan tidak ada kendala. Karena selama ini, Pemkab Gorontalo masih menyimpan stok obat-obatan di lokasi Puskesmas Limboto.

“Dukungan semua pihak sangat diharapkan, karena gedung instalasi farmasi dinas kesehatan Kabupaten Gorontalo, sangat dibutuhkan,” tandas dr. Roni Sampir. (adv)

Be Sociable, Share!

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
%d bloggers like this: