ADVETORIALGORONTALOGORONTALO UTARA

Peringati Hari Kanker Sedunia, PKK Gorut Pro-aktif Cegah Kanker Serviks dan Kanker Payudara

GORUT, sulutGO- Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Gorontalo Utara (Gorut), Reni Yasin Hiola menghadiri acara Skrining Kanker Serviks dan Kanker Payudara melalui Inspeksi Visual dengan Asam Asetat (IVA Test) dan Clinical Breast Examination (CBA), Rabu (6/2).

Bertempat di Puskesmas Desa Molingkapoto, Kecamatan Kwandang, kegiatan yang dibuka oleh Wakil Bupati Gorut, Thariq Modanggu itu dalam rangka memperingati hari Kanker Sedunia.

Dalam sambutannya, Reni mengungkapkan bahwa
IVA test dan CBE merupakan langkah penanggulangan terpadu yang harus dilaksanakan sejak dari Puskesmas.

Ia juga menjelaskan, kunci keberhasilan program pengendalian kedua kanker adalah penapisan atau screening yang diikuti dengan pengobatan yang kuat.

Hal ini berdasarkan fakta bahwa lebih dari 50% perempuan yang ter diagnosa kanker tidak pernah melakukan penapisan (WHO 2004).

“Perempuan yang telah teridentifikasi terinfeksi HPV (Human papillomavirus) sebaiknya dilakukan penapisan untuk menentukan apakah mereka mengalami lesi prakanker awal yang mudah diobati. bila Lesi ditemukan harus diobati sebelum berkembang menjadi kanker,” ngkap Ketua PKK Gorut ini.

Lebih lanjut, Istri Bupati Indra Yasin ini menambahkan, walaupun tes pap smear merupakan suatu metode penapisan yang paling mapan untuk melihat ada tidaknya Lesi prakanker pada perempuan, pendekatan lain untuk penapisan perempuan yang beresiko terkena kanker leher rahim telah dilakukan pendekatan tersebut diantaranya penapisan secara visual yakni IVA test.

“Sehingganya, Pertemuan pada kegiatan ini bertujuan melakukan deteksi dini kanker serviks dan kanker payudara melalui Iva test dan CBE. Dengan melaksanakan deteksi dini terutama pada kelompok masyarakat yang beresiko dapat menurunkan angka kesakitan dan kematian akibat penyakit kanker memperpanjang umur harapan hidup serta meningkatkan kualitas hidup penderita melalui pengendalian faktor resiko penyakit kanker,” tambahnya.

Reni pun mengucapkan terima kasih kepada semua yang hadir pada kegiatan ini atas partisipasi dan kerjasama yang telah ditunjukan selama ini.

“Semoga apa yang kita kerjakan akan memberikan berkah bagi kita dan bermanfaat bagi masyarakat luas,” tutupnya. (adv)

Be Sociable, Share!

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close