ADVETORIALGORONTALOGORONTALO UTARAHEADLINES

Sekda Gorut Ajak Masyarakat Manfaatkan Inovasi Ini!

GORUT, sulutGO– Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Gorontalo Utara (Gorut), Ridwan Yasin membuka kegiatan Verifikasi dan Pendataan Pasangan Suami Isteri (Pasutri) pada Sidang Isbat Nikah Mobile (SINM.red), yang berlangsung di aula kantor camat Biau, Kamis (8/8).

Dalam sambutannya, Sekda Gorut menjelaskan bahwa SINM tersebut merupakan salah satu inovasi pemerintah dalam menekan masalah yang sering dihadapi para pasutri.

“Masalah yang sering dihadapi itu, seperti tidak dimilikinya buku nikah. Oleh sebab itu, dengan sidang ini kami berupaya memperjuangkan hak-hak masyarakat, salah satunya hak untuk memiliki buku nikah itu,” jelas Ridwan.

Mantan karo hukum Provinsi Gorontalo itu juga menjelaskan, sidang isbat tersebut telah diusulkan sejak Tahun 2013 silam.

“Waktu itu saya masih menjabat sebagai karo hukum di Provinsi Gorontalo, dan ketika mengikuti salah satu diklat (pendidikan dan pelatihan) kami diminta untuk menciptakan satu inovasi. Nah, inovasi tersebutlah yang saat ini kami terapkan di Kabupaten Gorut,” jelasnya lagi.

Dalam menciptakan inovasi tersebut, kata Ridwan, butuh proses yang lumayan panjang dan persiapan matang.

“Bahkan saya menghadap langsung ke Gubernur, Rusli Habibie dan menyampaikan bahwa permasalahan buku nikah ini tidak bisa dibiarkan. Nah, setelah disetujui, kerjasama pun kami langsungkan dengan berbagai pihak, seperti pengadilan tinggi agama, kakanwil provinsi, dan kementerian agama, serta dihadiri langsung oleh wakil ketua mahkamah agung. Dan beliau mengungkapkan kerjasama inovasi ini adalah kerjasama pertama di Indonesia,” tutur Ridwan.

Mengingat perjuangan pemerintah tersebut, Ridwan berpesan kepada seluruh masyarakat, terutama para pasutri yang memiliki masalah buku nikah, agar memanfaatkan kesempatan yang ada dengan sebaik-baiknya. (adv)

Be Sociable, Share!

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
%d bloggers like this: