ADVETORIALGORONTALOGORONTALO UTARAHEADLINES

Sekda Minta Rencana Program OPD Dikaji dan Dievaluasi dengan Matang

Ridwan Yasin: Harus Terencana, Terpadu, Sistematis, serta Berdasarkan Skala Prioritas 1 Tahun Kedepan

GORUT, sulutGO- Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Gorontalo Utara (Gorut), Ridwan Yasin membuka rapat pembahasan Program Pembentukan Peraturan Daerah (Propemperda) Gorut Tahun 2019, yang berlangsung di Aula Tinepo, Senin (7/10).

Dalam sambutannya Sekda Ridwan menyampaikan, Propemperda harus dimasukan ke DPRD sebelum pengesahan APBD 2020. Oleh karena itu, ia berharap seluruh usulan program peraturan daerah segera dievaluai dengan baik.

“Maksud dari rapat pembahasan ini adalah evaluasi atau klarifikasi terhadap peraturan daerah yang disampaikan dinas/badan. Sebab tidak semua peraturan daerah yang disampaikan dapat diakomodir dan menjadi prioritas pada usulan APBD 2020 nanti,” jelasnya.

Perlu diketahui, alokasi anggaran untuk setiap peraturan daerah di Gorut terbilang kecil jika dibandingkan dengan daerah lain. Maka dari itu, Ketua TAPD meminta agar setiap usulan program dari setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) benar-benar efektif dan dapat menguntungkan masyarakat.

“Setiap peraturan daerah harus diawali dengan kajian yang matang. Apalagi rekan-rekan kita di DPRD memerlukan kajian-kajian secara baik dari usulan rancangan peraturan daerah yang dibuat. Nah, apa yang dibuat harus Terencana, Terpadu, Sistematis, serta sesuai dengan skala prioritas satu tahun kedepan,” tegasnya.

Untuk melakukan kajian-kajian tersebut tentunya membutuhkan waktu yang cukup lama, hingga bisa diusulkan di DPRD.

Dalam rapat tersebut, Sekda Ridwan memberikan salah satu contoh usulan program peraturan daerah yang dinilai sudah tepat.

“Kami melihat ada apa yang diprogramkan dari bagian hukum dengan bekerjasama dengan kemenkumHAM, itu sudah tepat. Tapi, kami tetap akan mengevaluasi dan mengkaji itu secara bersama-sama dan diharapkan sudah matang dari sini (eksekutif) sebelum diserahkan ke DPRD,” pungkasnya. (adv)

Be Sociable, Share!

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
%d bloggers like this: