ADVETORIALGORONTALOHEADLINESKAB. GORONTALO

Setiap Senin & Kamis, ASN di Kab.Gorontalo Wajib Berbahasa Inggris dan Berbahasa Daerah

LIMBOTO, sulutGO– Demi melestarikan bahasa daerah dan meningkatkan wawasan bahasa asing, Pemerintah Kabupaten Gorontalo mewajibkan seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gorontalo untuk berbahasa Inggris di setiap hari Senin mulai pukul 08.00 s/d pukul 10.00 WITA, dan berbahasa Gorontalo setiap hari Kamis mulai pukul 08.00 s/d pukul 16.00 WITA.

“Surat edarannya sudah disebar ke seluruh OPD (Organisasi Perangkat Daerah) dan pemberlakukan instruksi ini dimulai tanggal 28 Oktober 2019. Ini diberlakukan kepada seluruh ASN, mulai dari staf hingga pimpinan, tanpa terkecuali,” kata Kepala BKD Safwan Bano, Kamis (09/10/19) via seluler.

Surat Edaran

Safwan mengatakan, pemberlakuan berbahasa asing di jajaran Pemkab Gorontalo ini dalam rangka untuk membangun ASN yang unggul serta kompetitif menuju smart ASN 2024.

“Maka setiap ASN harus dapat menguasai kompetensi teknis dasar salah satunya bahasa asing,” kata Safwan.

Sementara, lanjutnya, pemberlakuan menggunakan bahasa daerah Gorontalo di lingkungan Pemkab Gorontalo bertujuan untuk menjaga ataupun melestarikan bahasa daerah yang saat ini dinilai mulai punah.

Oleh karena itu, dirinya berharap, dengan menerapkan bahasa daerah di lingkungan ASN bisa menghidupkan kembali budaya-budaya lokal.

“Selain itu, dengan menerapkan bahasa asing di lingkungan Pemkab Gorontalo diharapkan dapat mewujudkan ASN yang berwawasan Global menuju Smart ASN 2024,” ujarnya. (vt)

Be Sociable, Share!
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
%d bloggers like this: