ADVETORIALGORONTALOHEADLINESKAB. GORONTALO

Tim Verifikasi Lapangan KLA Lakukan Penilaian KLA 2019 di Kabupaten Gorontalo

Pemkab harap Kabupaten Gorontalo naik kelas

KABGOR, sulutGO– Tim Verifikasi Lapangan Kota Layak Anak (KLA) tahun 2019 melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Gorontalo, Provinsi Gorontalo, Rabu (17/7/19), selama tiga hari melakukan penilaian di Kabupaten Gorontalo.

Dalam lawatannya tersebut, Tim Verifikasi Lapangan KLA 2019 melakukan Evaluasi Penilaian terkait KLA di Kabupaten Gorontalo, terhadap beberapa lembaga yang membidangi masalah pengawasan dan perlindungan anak, serta melakukan peninjauan terhadap beberapa fasilitas umum yang disediakan bagi anak.

Tim Verifikasi Lapangan KLA 2019, Marzuki menjelaskan, bahwa tujuan kedatangan mereka ke Kabupaten Gorontalo adalah untuk mengecek secara langsung kondisi ruang terbuka bagi anak, penanganan kasus kekerasan terhadap anak serta perlindungan terhadap anak yang ada di daerah ini.

“Ini adalah tahap evaluasi lapangan, untuk mengecek secara langsung kondisi KLA yang ada di Kabupaten Gorontalo, apakah sesuai antara kebijakan, program, serta imlementasinya di lapangan, dan seperti apa. Dan juga point terpenting yakni seperti apa inovasi yang dikembangkan dalam rangka pemenuhan dan perlindungan anak,” tuturnya.

Selain itu, kata Marzuki, kegiatan ini juga sebagai upaya untuk memberikan pembinaan kepada Daerah terkait penerapan KLA. Agar Daerah tersebut bisa melakukan pembenahan terhadap perlindungan, penanganan dan fasilitas umum yang dikhususkan untuk anak.

Ia menjelaskan, bahwa terdapat 26 indikator untuk menetapkan sebuah daerah menjadi KLA. Dari indikator tersebut, akan menjadi bahan evaluasi bagi Tim Verifikasi Lapangan KLA, untuk memenuhi syarat ketentuan bagi daerah menyandang status KLA.

“Ada 26 indikator yang kami tengok yaitu sejauh mana progresnya dalam 2 tahun terakhir. Dan itu akan menjadi pertimbangan kami untuk menilai secara komperehensif, sejauh mana capaianya dan seperti apa nanti perkembanganya serta poin penting adalah komitmen pemerintah kedepanya,” pungkasnya.

Sebelumnya, Tim Verikasi Lapangan KLA 2019 juga telah melakukan dialog dengan beberapa OPD terkait di lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Gorontalo.

Selain itu, tim Verifikasi Lapangan KLA melakukan dialog dengan pengurus Pusat Partisipasti Publik terhadap Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak dan Keluarga (PUSPAGA) Kabupaten Gorontalo, serta Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (P2TP2A) .

Sementara itu, Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo menegaskan, bahwa anak merupakan aset bangsa dan anak adalah amanah sehingga sebuah kewajiban untuk mengembangkan dan melindungi anak.

Nelson juga mengatakan bahwa Pemkab Gorontalo akan selalu berupaya untuk mewujudkan Kabupaten Gorontalo sebagai KLA, hal ini pun dibuktikan dengan posisi Kabupaten Gorontalo yang saat ini menyandang predikat KLA tingkat Madya.

“Masalah anak adalah masalah kita bersama. Yang namanya hak-hak anak harus terpenuhi, apalagi ini adalah Kabupaten Layak Anak, maka dari itu kita akan memaksimalkan semua OPD dan lintas sektor untuk kita libatkan demi mendukung KLA,” Bupati.

Bupati Nelson pun berharap Kabupaten Gorontalo bisa meraih penghargaan kategori Nindya. Artinya naik kelas satu tingkat dari raihan tahun lalu, yakni Kategori Madya.

Sehingganya, untuk mewujudkan hal tersebut, Pemkab Gorontalo akan memaksimalkan peran serta semua OPD dan pihak lain. Termasuk dunia usaha, media, LSM dan organisasi masyarakat atau sosial yang konsen terhadap permasalahan anak.

“Tanggung jawab anak bukan hanya tanggung jawab pemerintah daerah, akan tetapi tanggung jawab semua pihak baik itu vertikal termasuk juga masyarakat, pengusaha, media, LSM dan sebagainya,” tutur Nelson.

Bupati juga berharap, KLA bukan hanya sekedar penilaian semata, namun juga merupakan kewajiban bersama seluruh elemen masyarakat untuk melakukan perlindungan dan pengembangan bagi anak.

Untuk diketahui, turut hadir dalam kegiatan pertemuan itu, Kajari, Ketua PKK, Asisten, Staf Ahli Bupati, Kepala OPD, Camat, Kepala Puskes, Direktur Bank Sulutgo dan undangan lainnya. (adv)

Be Sociable, Share!

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
%d bloggers like this: