ADVETORIALGORONTALOGORONTALO UTARA

Tinjau Lokasi Banjir, Wabup Thariq: Pemda Siapkan 4 Strategi Ini!

GORUT, sulutGO– Pemerintah Kabupaten Gorontalo Utara (Gorut), telah menyiapkan 4 strategi dalam menangani masalah banjir yang terjadi di Desa Tudi, Kecamatan Monano, Gorut.

Seperti yang disampaikan Wakil Bupati Gorut, Thariq Modanggu saat meninjau langsung lokasi banjir tersebut, Kamis (10/1).

Foto: Arif Humas

Didampingi Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) dan Kepala Pelaksana Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Thariq menjelaskan, selain melibatkan beberapa dinas/badan, keempat strategi yang akan dilakukan juga pastinya membutuhkan pastisipasi masyarakat.

“Pertama melalui Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), itu sudah melakukan pengusulan dan analisa data lebih awal ke kementerian pusat untuk penanggulangan bencana secara nasional di Gorut. Kedua karena soal existing yang berkaitan dengan posisi mangrove maka melalui Badan Lingkungan Hidup (BLH), dan kadisnya sudah menyiapkan kajian agar alat bisa masuk di sini,” jelas Thariq.

Lebih lagi kata Wabup Gorut itu, “Ketiga pembuatan tanggul-tanggul dan pelebaran sungai, lalu buangannya itu kita bikin jadi penahan. Dan terakhir atau keempat, kami akan memberi pemahaman dan kesadaran kepada masyarakat tentang penghijauan”.

Foto: Arif Humas

Sehingganya kata Thariq, penanganan masalah banjir itu tidak semata-mata pembuatan tanggul, tapi perlu komperhensif dari keempat skenario itu.

Kedepannya Thariq berharap, keempat strategi atau skenario yang telah dibuat bisa berjalan sesuai rencana.

“Harapan saya, bahwa semua yang sudah dibahas pada hari ini itu bisa ditindak lanjuti sesuai target itu,” tutupnya. (adv)

Be Sociable, Share!

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close