ADVETORIALGORONTALOHEADLINESKAB. GORONTALONASIONAL

Verifikasi Lapangan KLA 2019, TP2TPA: Kami Berupaya Wujudkan KLA dengan Berbagai Program

KABGOR, sulutGO– Tim Verifikasi Lapangan (VL) Kabupaten Layak Anak (KLA), melakukan penilaian terkait KLA 2019 di Kabupaten Gorontalo, Rabu (17/7/19).

Dalam kesempatan itu, Tim Verifikasi Lapangan KLA 2019 melakukan Evaluasi terhadap beberapa lembaga yang membidangi masalah pengawasan dan perlindungan anak, salah satunya Tim Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan Dan Anak (TP2TPA) Kabupaten Gorontalo.

Ketua TP2TPA Kabupaten Gorontalo Fory Naway mengatakan, pihaknya telah berupaya dengan maksimal mewujudkan Kabupaten Gorontalo sebagai kabupaten layak anak, melalui berbagai program, bekerja sama dengan Dinas pemberdayaan Perempuan Dan Perlindungan Anak.

“Untuk perlindungan secara terpadu, kami telah menggandeng Pusat Pembelajaran Anak dan Keluarga (Puspaga) Kabupaten Gorontalo dengan beberapa kegiatan di antaranya melakukan konseling problem yang melibatkan anak- anak,” kata Fory.

Sebab, lanjutnya, program ini tidak bisa dijalankan oleh satu lembaga saja, melainkan memerlukan kolaborasi dengan seluruh instansi pemerintah dan lintas sektor lain sebagai indikator penilaian Kabupaten Layak Anak.

“Sehingga TP2TPA lebih memperhatikan pada membimbing, mengedukasi sekaligus pendampingan total. Jadi jika menemukan kasus atau problema anak, sebelum kerana hukum akan kami selesaikan dulu problemnya secara bersama, sebelum berlanjut ke rana hukum,” kata Fory Naway.

PKK Kabupaten Gorontalo, kata dia, juga sudah melakukan kerjasama dengan kejaksaan, yakni mendeklarasikan program jaksa sayang anak. Program kedekatan anak ini, menurutnya dapat membatu TP2TPA dan Puspaga untuk bersinergi menyeksikan masalah anak di Kabupaten Gorontalo.

“Inovasi jaksa sayang anak, pihak PKK, Puspaga dan TP2TPA lebih pada konseling serta pendampingan untuk penyelesaian masalah sebelum masuk kerana hukum, dengan harapan pada tahap verifikasi ini Kabupaten Gorontalo layak anak akan terwujud,” tandasnya. (adv)

Be Sociable, Share!

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
%d bloggers like this: