ADVETORIALGORONTALOHEADLINESKAB. GORONTALOLEGISLATORSOSIAL POLITIK

Wakil Ketua Komisi I DPRD Kabgor Minta Pemda, Sesuaikan BDT Dengan Kondisi Terkini

LIMBOTO, sulutGO– Wakil Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Gorontalo Hi. Mansur Makalaw, SH menyampaikan pentingnya perbaikan data kemiskinan sebagai dasar perencanaan pembangunan. 

Hal itu disampaikannya usai rapat paripurna pembicaran tingkat 1 tentang LKPJ Bupati Gorontalo Tahun 2018, di Kantor DPRD, Selasa (9/4/19).

“Selain pembangunan infrastruktur, yang tidak kalah penting adalah penanggulangan kemiskinan sebagai upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat,” jelasnya.

Menurutnya, kuncinya adalah data kemiskinan, jika datanya tidak sesuai dengan kondisi terkini, maka program pemerintah jangan sampai tidak akan tepat sasaran dan kemiskinan tidak berkurang.

Guna memperbaiki data kemiskinan ini, Mansur mengatakan agar dalam waktu dekat ini data kemiskinan yang terhimpun dalam Basis Data Terpadu (BDT) bisa segera diperbaiki oleh pihak pemerintah daerah.

“Sebab, ada laporan dan kedapatan tentang bantuan di beberapa desa yang tidak tepat sasaran. Karena kebanyakan data dari desa yang sudah diusulkan dan diubah, tapi di tingkat daerah belum diubah. Jangan sampai yang dapat bantuan justru yang sudah mampu. Kan tidak mungkin penerima yang lalu itu kondisinya begitu terus? Sehingga perlu ada pemutakhiran BDT,” katanya.
 
Dirinya berharap, seluruh bantuan dari pemerintah sebagai upaya penanggulangan kemiskinan baik BPNT, JKN-KIS, Kartu Indonesia Pintar, dan program lainnya bisa tepat sasaran.

Diketahui bersama, kondisi kemiskinan di Kabupaten Gorontalo per 2018 kemarin turun sekitar 2 persen.

“Tolong dari pemda untuk menindaklanjuti itu sampai ke pusat,” pungkas Mansur. (vt)

Be Sociable, Share!

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close