BERITABONE BOLANGOGORONTALOPENDIDIKAN

Bonebol Peringati Hari Pramuka Ke-57 Di Kwaran Bulango Timur

BONEBOL,sulutGO –  Ranting atau Kecamatan Bulango Timur merupakan ranting pramuka teraktif di Bone Bolango, karena rutin menyelenggarakan kegiatan kepramukaan.

Hal ini disampaikan Bupati Bonebol Hamim Pou selaku Majelis Bimbingan Kwartir Cabang Bone Bolango, saat memimpin upacara pembukaan Kemah Tingkat Kwartir Ranting (Kwaran) Bulango Timur, di lapangan depan SMP 1 Negeri Bulango Timur, Bone Bolango. Sabtu (11/8)
“ Saya gemebira dan saya ingat ranting Bulango Timur termasuk ranting pramuka yang paling aktif di bonebol, walau ini level ranting tapi karena saya orang bulango timur saya bersedia hadir untuk menyemarakan hari Pramuka yang ke – 57 ini”Kata Bupati.

Perkemahan ini diikuti oleh ratusan peserta dari beberapa sekolah SD/MI dan SMP/MTs Se-Wilayah Bulango Timur, dengan tema “ Bersama Mewujudkan Pemuda Indonesia Berkarakter Menuju Bone Bolango Cemerlang”
Bupati berpesan kepada peserta didik untuk mengamalkan point-point dari dasa darma atau 10 Janji Pramuka, dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.
“Untuk saya berpesan jangan hanya menghafal dasa darma pramuka tapi kita amalkan dalam kehidupan sehari-hari kita, kedua mari kita semua terutama adik-adik untuk terus belajar dalam menggapai cita-cita, hormati guru, dan orangtua. Dengan sikap-sikap seperti ini adik-adik pramuka bisa menjemput masa depan dengan baik”Pesannya.

Saat diwawancarai sulutGO, Hamim mengapresiasi kegiatan pramuka ini karena punya banyak manfaatnya.
“ Ini bagus untuk generasi muda, kegiatan pramuka tidak harus ada saat hari pramuka saja. Tetapi disetiap sekolah itu sekurang-kurangnya 13 kali melaksanakan kegiatan kepanduan kepramukaan seperti ini, ini dapat memupuk semangat generasi muda, melatih kepimpinan, bertanggung jawab, kerjasama, rela berkorban dan terutama disiplin .”Tuturnya.

Ia menambahkan, apabila Indonesia punya pimimpin yang terdidik dengan pramuka, tentu dia akan jadi pemimpin yang amanah dan bertanggungjawab juga berakhlak baik.
Orang nomor satu di Kabupaten Bone Bolango ini juga mengakui, ia dan pemkab bonebol selalu mensuport kegiatan kepramukaan ini.
“Kita selalu mensuport Gugus Depan (Gudep) atau sekolah-sekolah maupun ranting hingga tingkat kwarcab, dari segi komitmen, anggaran, dan sebagainya. Untuk anggaran setiap tahun dalam APBD kita anggarkan untuk kepramukaan”Akui Hamim.

Namun ia masih dibenturkan dengan masalah, tidak adanya markas permanent untuk menunjang kegiatan pramuka di bonebol, tapi ia akan berusaha ditahun yang akan datang untuk membangunnya.
“Untuk saat ini kita bermasalah, dengan belum adanya markas yang tetap maka untuk tahun depan kami akan membangun markas permanen atau tetap untuk pramuka demi menunjang kepramukaan di Bonebol”Tutupnya. (Widi)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close