BERITABONE BOLANGOGORONTALOSOSIAL POLITIK

Bupati Hamim Jadi Invited Speakers Di Konferensi TREPSEA

BONEBOL,sulutGO-Sedikitnya masih ada sekitar 42 Desa di Buffer Zoon atau Zona penyangga di tepian hutan  Asia yang sebagian besar masih kategori miskin.

Hal tersebut berkaitan dengan kepemilikan tanah tempat mereka tinggal, karena syarat dari kekayaan itu juga termasuk kepemilikan tanah.

Isu menarik perhatian Bupati Bonebol Hamim Pou seusai menjadi Invited Speakers 3rd International Conference of Transdisciplinary Research on Environmental Problem in South East Asia (Trepsea), yang dilaksanakan di Damhil Hotel Universitas Negeri Gorontalo, Sabtu (11/8)

Kepada sulutGO Bupati Hamim mengatakan, konferensi tersebut membahas isu energy yang terbarukan juga komitmen dalam menjaga apa yang sudah dihasilkan.

“Itu membahas tentang masalah Lingkungan di Asia Tenggara, yang bertujuan untuk melakukan penelitian integratif dari interaksi antara lingkungan alam dan sistem sosial-manusia di Asia Tenggara juga memecahkan masalah lingkungan di Asia Tenggara”Jelas Hamim

Ruang lingkupnya kata Hamim, mencakup topik-topik Geosains, Ilmu Lingkungan, Teknik, Kedokteran, Ekonomi, Budaya, Pendidikan, dan Administrasi.

Mengingat Bonebol juga termasuk dalam kawasan konsefarsi untuk itu perlu adanya kepedulian dari masyarakat dan pemerintah menjaga dan melindungi.

“ Di Bone Bolango ini termasuk kawasan konserfasi, dimana wilayah hutan lindungnya dan taman nasionalnya itu kurang lebih 70%”, untuk itu kita harus selalu menjaga dan melindungi kawasan hutan maupun taman nasional yang ada didaerah kita” Pintanya.

Dirinya menambahkan, untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang tinggal di pinggiran hutan, pihaknya terus berkoordinasi dengan pemerintah pusat dan daerah.

“Orang-orang ditepian hutan itu sebagian besar tidak memilik tanah dan hanya diminta menjaga dan memelihara. Itu sudah bagus, tapi hendaknya pemerintah daerah maupun pusat memikirkan bagaimana meningkatkan kesejahteraan mastarakat yang ada dipinggiran hutan tersebut“Tuturnya.(Widi)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close