BERITABOLMONG RAYABOLMUTEKONOMI & BISNISSULAWESI UTARA

Calon Pendamping Lokal Desa Ikut Pratugas

BOLMUT,sulutGO-Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa (DPMD) Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) menggelar pelatihan Pendamping Lokal Desa di Sekretariat Tenaga Pendamping Profesional Kabupaten Bolmut, Jalan Trans Sulawesi, Desa Kuala Utara, Kecamatan Kaidipang, Selasa (8/5).

Kegiatan ini dihadiri oleh Ratna Masloman, selaku KPW TA Provinsi Sulut , TA Bolmut, PD, Calon PLD dan PLD lama, mereka akan dilatih oleh sekitar 4 Tenaga Ahli, selama beberapa hari kedepan.

Kata Kepala Dinas PMD Bolmut, Fadly T. Usup, saat membuka acara, kegiatan ini merupakan pembekelan bagi para Pendamping Lokal Desa di Bolmut sebelum terjun melaksankan tugasnya.

“Hari ini kita akan melaksanakan pratugas calon pendamping lokal desa, yang nanti akan menjadi pendamping setelah kegiatan ini selesai di lakukan, ini penilaian terakhir. Kegiatan tes sudah dilakukan awal tahun sebelumnya.”, Kata Fadly.

Lanjut Fadly, pendamping lokal desa di Kabupaten Bolmut tahun 2018 ada kekosongan dua orang, kecamatan Bolangitang Timur dan kecamatan Kaidipang.

“Kenapa hanya ada dua orang karena Bolmut sejak 2018 ini terjadi kekosongan 2 orang, atas upaya evektifitas pendampingan desa bisa berjalan sesuai dengan yang diharapkan. Insya Allah, tugas mulia ini mereka dapat melaksanakan sebaik-baiknya, se profesional mungkin”harap fadly

Sementara itu, koordinator tenaga pendamping profesional Bolmut, Hamri Mokoagow dalam sambutan pembukaan kegiatan mengungkapkan bahwa pelaksanaan kegiatan pelatihan IST dan OJT bagi para peserta calon PLD, merupakan agenda resmi dari KPW dan Satker P3MD Provinsi Sulawesi Utara.

“Pelaksanaannya di kembalikan ke kabupaten, untuk pengisihan kekosongan PLD di kabupaten maka secara otomatis ada pengisihan dan menjadi kewenangan satker sulut untuk pengisian kekosongan itu dan juga masukan-masukan dari Dinas PMD Bolmut, yang menjadi pertimbangan tentu nilai dan kinerja”, Ungkapnya.

Lanjut Hamri, Dalam pelaksanaan pelatihan mandiri di kabupaten Bolmut melaporkan hasilnya dan biaya transport dan akomodasi ditanggung oleh masing-masing peserta.

“Akan tetapi, dalam pelaksanaan anggarannya tidak lagi dibebankan terhadap dana dekonsentrasi sehingga di kembalikan ke masing-masing kabupaten, maka segala biaya di bebankan kepada semua peserta sebagaimana petunjuk teknis”, Tutupnya. (Dolvin).

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close