BERITABOLMONG RAYABOLMUTSULAWESI UTARA

Dispora Bolmut Gelar Jambore Pemuda Daerah

BOLMUT,sulutGO-Dinas Pemuda Dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut), menggelar Jampore Pemuda Daerah di Pantai Indah Desa Kuhanga Kecamatan Bintauna, Kamis (3/5).

Acara yang di gelar selama 3 hari itu melibatkan pemuda seluruh kecamatan yang ada di Bolmut.

Kepala Dispora Halifaks Olii, melalui Sekretaris Dispora Bolmut Atri Durand, saat ditemui sulutGO, mengatakan, kegiatan tersebut mengangkat tema “Aku Adalah Bolmut, Bolmut Adalah Aku”,

Menurutnya tema ini cocok untuk mempersatukan pemuda Bolmut dari ujung Sangkup sampai Pinogaluman.

“Karena kita lihat selama ini Bolmong Utara ini kurang lebih 11 tahun pemuda itu masih berfikir, saya adalah orang Pinogaluman saya adalah orang Bintauna, maka kenapa menggangkat aku adalah Bolmut, Bolmut adalah aku karena kita mempersatukan pemuda itu, kita menggangap Bolmut itu kita punya semua”, Ungkap Atri.

Lanjutnya, setiap kecamatan mengirim utusan 10 orang dan Jumlah keseluruhan peserta 60 orang, yang terdiri dari 6 kecamatan yang ada di Kabupaten Bolmut.

“Peserta yang hadir semua utusan dari semua kecamatan yang ada di Bolmong Utara, setiap kecamatan mengirim 10 orang, sampai saat ini sesuai informasi akan hadir, karena sementara berdatangan ini peserta”, Jelasnya.

Sementara itu, Abdul Muslim, Kepala Deputi Bidang Kepemudaan Kementerian Pemuda Dan Olahraga Republik Indonesia. Hadir sebagai pemateri mengatakan Pemerintah harus bersinergi dengan pemuda dan memberdayakannya.

“Orientasi kepemudaan itu, memang betul-betul ada keterlibatan pemerintah, yang mana, menjadi linknya adalah Kementerian Pemuda dan Olahraga, Perlu ada reorientasi pemikiran dalam hal kepemudaan karena kondisi pemuda hari ini, sangat jauh berbeda dengan pemuda sebelumnya. Terpengaruh dengan perkembangan teknologi, bahkan sudah mulai terkikis nilai-nilai budaya, terkikis nilai nasionalisasi, bahkan lebih cenderung percaya pada hal-hal yang kekinian”, Tuturnya.

Pada Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara maupun Kabupaten Bolmut, mempersiapkan diri jelang Kirap Pemuda 2018, yang akan melintasi Sulawesi dan Bolmut menjadi titik persinggahan.

“Dalam waktu Bolmut mudah-mudahan akan menjadi calon titik singgah Kirap Pemuda 2018, perwakilan dari 34 provinsi dan Insya Allah Bulan Oktober, mereka berjalan mengelilingi Indonesia selama 73 hari, setiap Provinsi hanya 1 kabupaten yang di singgahi dan melakukan home stay selama 3 hari, untuk Sulut kita akan pusatkan di Bolmut”, Pesannya.

Muslim berharap, pemuda harus tampil terdepan, mengingkat permasalahaan pemuda begitu kompleks. Pemuda hari ini akan menjadi pemimpin di masa yang akan datang.

“Agar tetap bersinergi dengan pemuda, dengan melibatkan dan berdayakan, organisasi kepemudaan, serta komunitas-komunitas kepemudaan dalam pelaksanaan program-program pembangunan, untuk pemuda tidak henti-hentinya belajar serta berpartisipasi memberikan kontribusi terhadap pembangunan Bolmong Utara”, Tutupnya (Dolvin)

Tags
Baca Selanjutnya

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close