BERITAGORONTALOKAB. GORONTALO

Lebih Banyak Dampak Negatifnya, Perbup Siswa Dilarang Bawa HP Segera Terbit

LIMBOTO, sulutGO Pemerintah Kabupaten Gorontalo, dalam waktu dekat ini akan menerbitkan aturan (Perbup) tentang larangan bagi siswa membawa telepon seluler atau handphone (HP) di lingkungan sekolah.

Kepala Dinas Komuikasi dan Informasi Azis Nurhamidin mengatakan, kebijakan untuk melarang setiap siswa atau pelajar membawa Handphone ke sekolah tersebut sudah melalui kajian dan studi kelayakan.

“Peraturan dibuat berdasarkan realitas di lapangan bahwa dengan penggunaan smartphone di lingkungan sekolah nyatanya bisa membawa dampak buruk bagi anak-anak. Maka kondisi ini harus diseriusi, sebab sangat mengancam masa depan dan kualitas generasi muda di daerah ini,” ujar Azis, di Kantor Bupati Gorontalo, Senin (20/8).

Menurut Azis, kekerasan dan pelecehan (cyber bullying), informasi sesat dan tidak benar (cyber fraud), pornografi, perjudian, penculikan dan banyak hal negatif lainnya yang dipicu akibat penggunaan internet di kalangan pelajar.

Ia juga menilai inisiasi terkait larangan siswa membawa HP di sekolah, adalah bentuk antisipasi dini pemerintah daerah terhadap rusaknya mental dan karakter generasi muda di daerah ini.

“Apalagi, kecenderungan para siswa yang melakukan aksi-aksi yang tidak sepatutnya dilakukan anak usia sekolah, dipicu akibat informasi yang luas dan mudah didapatkan melalui smartphone,” ucap Azis.

Pemerintah nantinya akan menginstruksikan seluruh sekolah untuk membentuk tim pengamanan sekolah terdiri dari anggota OSIS dan guru, untuk mengaktifkan penertiban barang bawaan siswa khususnya HP agar tidak dibawa di lingkungan sekolah.

“Untuk itu, sekali lagi kami berharap, marilah para orang tua bekerja sama dengan pemerintah daerah agar anak-anak kita terhindar dari masalah penggunaan internet yang tidak sehat dan medsos yang kurang bermoral. Karena anak – anak kita harus tumbuh sehat jiwa raganya karena merupakan masa depan bangsa ini,” tutur Azis. (vt)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close