BERITABOLMONG RAYABOLMUTSULAWESI UTARA

Malam Lailatul Qadar, Ratusan Lampu Botol Hiasi Taman Kota Keydupa

BOLMUT,sulutGO–Dalam rangka menyambut pawai takbir Idul Fitri 1439 Hijriah, Pemuda Remaja Masjid Baiturahman dan Remaja Masjid Almunawar Desa Boroko Kecamatan Kaidipang mulai menyalakan Lampu Botol pada malam 27 ramadhan, Senin (11/6).

Menyalakan lampu botol diakhir bulan Ramadhan pada malam ke 27 hingga malam takbir sudah menjadi tradisi setiap tahun bagi masyarakat dan pemuda setempat.

Konon tradisi Lampu botol berawal dari keinginan masyarakat untuk memberikan penerangan di bulan Ramadhan, sekaligus tradisi ini merupakan syiar Islam sebagai hiasan – hiasan lampu yang ada selalu bernuansakan Islami.

Menurut Ketua Karang Taruna Samudra Desa Boroko selaku pembimbing Fekiyandi Lasena, S.Pd, Lampu Botol merupakan bagian dari tradisi di setiap bulan suci ramadhan.

Dimana pada malam 27 dinyalakan untuk menerangi dan memperindah kampung agar terlihat dan bernuansa islami.

“Kita juga berharap kepada pemerintah kecamatan ataupun Pemkab Bolmut mendukung kegiatan tradisi Lampu Botol ini, dan memperlombakannya antar desa atau kabupaten, supaya kedepannya pemuda desa lain ikut menyemarakkan tradisi ini dan daerah kita mendapatkan berkah serta pemuda tetap kompak”,  harap Fekiyandi.

Ia menambahkan, lampu botol dan minyak tanah yang digunakan pada malam lailatul qadar itu 100 persen partisipasi masyarakat desa Boroko.

“Dengan adanya atusias masyarakat dan partisipasi dari mereka sehingga kami remaja Masjid dan Karang Taruna dapat melaksanakan kegiatan pasang lampu di malam ke 27 ramadhan ini”, tuturnya.

Lampu Botol sepanjang lajur jalan tertata rapih dan menjadi titik pemasangan lampu botol di taman kota keydupa.(Dolvin).

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close