BERITABOLMONG RAYABOLMUTPENDIDIKANSULAWESI UTARA

Suratinoyo: Pemuda Harus Bisa Memimpin Diri Sendiri

BOLMUT,sulutGO-Kepala Bagian Hukum Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut), Abd. Muis Suratinoyo mengatakan pemuda harus mempersiapkan diri sebagai generasi yang akan membawah Kabupaten Bolmut Gemilang.

Hal tersebut disampaikannya saat menjadi narasumber pada kegiatan Jambore Pemuda Daerah (JPD), yang di gelar Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Bolmut di Pantai Bunga Indah Desa Kuhanga Kecamatan Bintauna, Sabtu (5/5).

“Bolmut adalah aku, aku adalah Bolmut artinya tema itu adalah bagian dari generasi yang akan menerima tongkat estafet, proses menerima itu maka pemuda harus bisa mengisi diri, proses mengisi diri hanya bisa di dapat dalam pengertiannya itu jika dia menjadi pemuda yang berbeda, berbeda karena keunikan dia, berbeda karena cara berfikir dia, berbeda cara mengambil keputusannya”, Ungkanya.

Lanjut Muis, banyak fakta yang terjadi pada generasi muda Bolmut saat ini, dalam konteks yang negatif. Setiap manusia memiliki keyakinan dan kepercayaan yang dianutnya, tapi masih jauh dari nilai-nilai yang terkandung dalam agama.

“Tapi konteks berbeda ini adalah yang positif. Ada banyak fakta-fakta yang ditunjukan pada peserta JPD, bahwa kalau menjadi berbeda itu pasti berguna untuk daerah, karena Bolmut butuh mereka, butuh anak-anak ini, didalam Alquran dan alkitap di jelaskan bahwa setiap manusia itu adalah pemimpin, tapi kenyataan yang terjadi banyak yang tidak bisa pimpin diri sendiri”, Tutur mantan Kabag Humas Setda Bolmut.

Ia juga mencontohkan, pemuda Bolmut masih banyak yang ikut-ikutan dalam bergaul dan masih sangat rentan terkontaminasi dengan hal-hal negatif artinya belum bisa membedakan mana yang baik dan mana yang buruk.

“Contohnya minum minuman keras, pakai ehabon, pakai narkoba itu adalah bagian pemuda yang tidak bisa memimpin dirinya sendiri. Sehingga agar dia bisa menjadi dirinya sendiri maka dia harus terus mengisi diri, tidak boleh terkontaminasi dengan dunia luar, jadilah diri sendiri jangan pernah menjadi orang lain”, Jelasnya.

Harapanya, pada peserta JPD Bolmut tahun ini, menjadi pemuda yang dapat memimpin dirinya sendiri sebelum memimpin orang lain, baik dalam kehidupan sehari-hari, di lingkungan keluarga, masyarakat dan daerah.

Bolmut, butuh mereka, suatu saat nanti generasi yang bekerja untuk daerah akan berakhir, maka sangat berharap mereka nanti bisa yang menggantikan kami dan menjadi pemuda yang lebih hebat dari kami sehingga bisa membuat Bolmut menjadi lebih gemilang”, Tutupnya. (Dolvin)

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close