BERITAGORONTALOKAB. GORONTALO

Tumbilotohe Di Kabupaten Gorontalo Berlangsung Meriah

LIMBOTO,sulutGO-Pelaksanaan Tradisi Tumbilotohe (Pasang Lampu) di kabupaten Gorontalo berlangsung meriah.

Terpantau, sejumlah wilayah di bumi gemilang tersebut terang benderang oleh ribuan bahkan jutaan lampu minyak.

Tradisi tumbilotohe digorontalo merupakan tradisi tua yang hingga kini masih lestari meskipun sudah mulai ada pergeseran penggunaan lampu, yang kini sudah mulai bercampur dengan lampu-lampu listrik

Direktorat Jendral Bimbingan Masyarakat Islam (Dirjen Bimas Islam) Kementerian agama RI Prof Dr Muhamadiyah Amin, M.Ag, saat ikut meninjau Tumbilotohe mengakui bahwa tradisi tersebut cukup menarik perhatian.

Menurutnya, tradisi seperti ini hanya ditemukan di Gorontalo. Bahkan, mantan rektor di IAIN Gorontalo itu pun merasa rindu dengan suasana seperti ini.

“Saya dengan pak Nelson ini sudah lama berteman, dan alhamdulillah saya pun mendapatkan kesempatan untuk hadir dan bersama-sama dengan Pemerintah Kabupaten gorontalo melakukan malam tradisi tumbilotohe.” Ungkap nya saat diwawancarai usai melakukan pemasangan lampu tumbilotohe di Halaman Rumah Dinas Bupati Gorontalo, Senin (12/06).

Sementara itu, Bupati Gorontalo Prof Nelson Pomalingo menjelaskan, Tumbilotohe kali ini, khusus tingkat Kabupaten Gorontalo ditempatkan di beberapa lokasi.

Diantaranya di Desa talumelito sebagai desa konservasi Budaya, di Pentadio Resort dan di Taman Menara Limboto.

Khusus untuk di desa Talumelito, kita lebih condong pada tradisi zaman dahulu kala.

Dimana, ornamen yang di gunakan dihiasi dengan tanaman, penggunaan lampu Tumbilotohe pun menggunakan padamala atau lampu botol yang masih menggunakan bahan bakar minyak kelapa.

Sementara khusus di pelataran menara tower, di ikuti seluruh OPD Lingkup Pemerintah Daerah kabupaten Gorontalo.

Nelson juga menegaskan bahwa pihaknya tidak akan melarang penggunaan lampu listrik. Karena perpaduan lampu listrik akan menambah semaraknya kegiatan pasang lampu tersebut.

Diakhir pernyataannya, Nelson menghimbau kepada masyarakat agar tetap fokus menjalankan ibadah.

“Ramadhan tinggal beberapa hari lagi. Perbanyak amal ibadah kita untuk menuju hari Kemenangan”, ujarnya.

Pantauan sulutGO, Hadir pada pemasangan lampu di Rumah Dinas Bupati Gorontalo, Sekda Gorontalo Hadijah U Tayeb, Ketua TP PKK Fory Naway, Anggota DPR RI Fadel Mohamad, dan Hana Hasanah Fadel Mohamad beserta jajaran Pimpinan OPD Kabupaten Gorontalo.(A!)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close