GORONTALOHEADLINESNASIONAL

2020, Kabupaten Gorontalo Dipastikan Jadi Tuan Rumah Festival Kelapa Internasional

BALI, sulutGO- Sudah dipastikan, pemerintah Kabupaten Gorontalo menjadi tuan rumah pelaksanaan Festival Kelapa Internasional ke-4.

Terpilihnya Kabupaten Gorontalo menjadi tuan rumah tersebut melalui kesepakatan bersama Koalisi Pemerintah Kabupaten Penghasil Kelapa (Kopek) pada pelaksanaan Rapat Nasional Kopek dan Seminar Kelapa Internasional atau National Kopek Meeting and Coconut Seminar di taman Sukasada Ujung-Karangasem, Bali, Minggu (15/09/19).

Bupati Gorontalo selaku ketua Kopek mengatakan, Festival Kelapa Internasional sudah dilaksanakan selama tiga kali berturut-turut.

“Kita tau bersama Festival Kelapa Internasional sudah dilaksanakan di tiga daerah yang berbeda. Pertama, di Kabupaten Indragiri Hilir-Riau, dimana Festival Kelapa Internasional-Indragiri dilaksanakan bertepatan perayaan Hari Kelapa Dunia tahun 2017,” tutur Nelson.

Kedua, tahun 2018, Pelaksanaan Festival Kelapa di Kabupaten Lingga, Kepulauan Riau (Kepri).

“Dan ketiga, saat ini di Kabupaten Karangasem, Bali yang disandingkan dengan Festival Subak tahun 2019,” imbuhnya.

Maka, untuk tahun 2020, lanjut Nelson, sesuai kesepakatan bersama, Kabupaten Gorontalo dipilih menjadi tuan rumah untuk pelaksanaan Festival Kelapa Internasional.

“Festival kelapa internasional di Kabupaten Gorontalo akan dilaksanakan bertepatan dengan hari kelapa dunia,” Kata Nelson Pomalingo.

Menurutnya, di Kabupaten Gorontalo sudah pernah dilaksanakan konferensi pertemuan antara pemerintah daerah.

“Nah, tahun depan Festivalnya yang akan dilaksanakan di Kabupaten Gorontalo,” tukasnya.

Oleh karena itu, dengan dipilihnya Kabupaten Gorontalo sebagai tuan rumah, dirinya selaku Pemerintah Kabupaten dan Ketua Kopek menyambut baik. Sehingga hal ini akan disiapkannya ini dengan matang.

“Insha allah, dengan adanya kampung kelapa dan pabrik-pabrik di Kabupaten Gorontalo akan menjadi fisitasi bagi anggota koalisi, pengusaha, dan petani kelapa,” tambahnya. (adv/if)

Be Sociable, Share!
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
%d bloggers like this: