BERITAGORONTALOKOTA GORONTALOLEGISLATOR

Ariston Berharap Alat Pertanian Modern Dorong Produktifitas Petani

GORONTALO, sulutGO- Masuknya alat-alat pertanian modern dari pemerintah pusat ke Kota Gorontalo diharapkan dapat mendorong produktivitas para petani di tengah menyusutnya lahan pertanian.

Hal tersebut disampaikan Ketua Komisi B Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Gorontalo, Ariston Tilameo seusai menghadiri rapat kerja DPRD dengan OPD terkait di Kantor Dinas Perikanan Kelautan dan Pertanian (DPKP) Kota Gorontalo, Senin (11/2).

Menurutnya, ada beberapa jalan keluar untuk menyikapi keluhan dari para petani terkait dengan mulai berkurangnya lahan pertanian, antara lain dengan bagaimana caranya agar Sumber Daya Manusia (SDM) lebih ditingkatkan lagi.

“Selain SDM yang kita tingkatkan, saat ini sudah banyak alat-alat modern yang masuk dan berasal dari bantuan pemerintah pusat dengan kemudian dapat dimanfaatkan dengan baik,” ungkap Ariston

Pihaknya berharap meski lahan pertanian sudah mulai menyusut, produktifitas para petani harus tetap terjaga.

Sehingga menurut ariston, yang tadinya dari hasil pertanian banyak yang gagal panen atau lahan menyusut, dengan adanya alat-alat modern ini dapat teratasi sepenuhnya.

“Untuk tindak lanjutnya itu sendiri tentunya ini butuh pembiayaan sehingga ini perlu dianggarkan dalam Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) terkait apa- apa saja menjadi kebutuhan dari para petani,” tandas Ariston

Misalnya untuk peningkatan SDM tentunya butuh pelatihan dan bimbingan kepada para petani melalui kelompok-kelompok dan kemudian ini yang akan ditindak lanjuti sambungnya. (Ag)

Be Sociable, Share!

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close