GORONTALOHEADLINESKAB. GORONTALO

Arus Lalin Menuju ‘Kampung Jawa’ Dialihkan, Minimalisir Kemacetan Lebaran Ketupat

GORONTALO, sulutGO– Diperkirakan volume pengunjung Lebaran Ketupat akan memadati ruas jalan raya menuju Yosonegoro, Kampung Jawa, Kabupaten Gorontalo, Rabu (12/06/19).

Untuk mencegah dan meminimalkan resiko terjadinya kemacetan yang meluas di hari libur Lebaran Ketupat, Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Gorontalo dan Polda Gorontalo menyiapkan alternatif pengalihan arus lalu lintas.

“Sesuai hasil rapat koordinasi kami, arus dialihkan melalui jalur alternatif untuk menghindari penumpukan kendaraan di titik-titik rawan macet,” kata KBO Lantas Polres Gorontalo, Sabrin Ahmad, Selasa (11/06/19).

Jalur alternatif yang disediakan itu, berdasar paparan Sabrin, dibagi menjadi 3 beat atau 3 titik lokasi. Dimana beat 1 dan 2 ditangani oleh pihak Polres Gorontalo dan beat 3 ditangani langsung oleh Polda Gorontalo.

“Jadi kita sudah mematangkan pengalihan arus, tim kita sudah dibagi per bit atau per masing-masing lokasi, dimana lokasi beat 3 ditangani oleh Polda Gorontalo yakni jalur Tibawa hingga Bongomeme sampai Kota Gorontalo, kemudian menuju pengalihan ke jalan GOR,” ungkap Sabrin.

Kemudian, lanjut dia, pihak Polres Gorontalo yang akan menangani beat 1 dan 2 yakni pada lokasi Yosonegoro pacuan hingga SPBU Limboto.

Sabrin mengatakan, rekayasa arus lalu lintas itu berlaku mulai pagi pukul 09.00 WIB hingga sore sekitar pukul 14.00 WIB.

“Karena dari awal jam 09.00 sampai 14.00, masyarakat atau kenderaan dari arah kota Gorontalo akan memadati lokasi Yosonegoro. Sehingga jalur dari kota menuju Tibawa akan padat, untuk itu akan kita atur dalam satu jalur. Dan jalur dari kota kita harus teruskan ke jalan reformasi, dan sebagian lurus lewat menara, nantinya akan tembus sampai ke lokasi patung ketupat,” jelasnya lagi.

Berbeda dengan tahun sebelumnya, Sabrin menjelaskan bahwa pengalihan arus tahun ini akan ada perubahan jalur, “karena ada jalan baru yang sudah dibuka oleh gubernur yakni GOR, dan itu nantinya dari arah Tibawa pada pukul 14.00 atau sore hari akan dialihkan menuju kota Gorontalo”.

Olehnya itu, dalam menghadapi lebaran ketupat esok, KBO Lantas Polres Gorontalo mengimbau kepada masyarakat untuk tetap menaati aturan lalu lintas serta tidak membawa muatan yang berlebihan pada kenderaan.

“Untuk kelengkapan tetap harus dilengkapi, untuk roda dua menggunakan helm begitu juga roda 4 seperti pick up tetap kita waspadai agar jangan sampai kelebihan muatan karena mengingat kecelakaan lalu lintas bisa terjadi kapan saja. Selain itu, untuk pengguna knalpot racing dan tidak menggunakan plat nomor, tetap akan kita lakukan teguran,” pungkasnya.

Ini peta arah pengalihan arus lalu lintas :

Be Sociable, Share!

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
%d bloggers like this: