GORONTALOGORONTALO UTARAHEADLINESLEGISLATOR

Hamzah Sidik: Tenaga Penyuluh Pertanian Harus Merata di Setiap Desa

GORUT, sulutGO– Wakil Ketua II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Gorontalo Utara (Gorut), Hamzah Sidik mengatakan, Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas menjadi pondasi kuat berkembangnya setiap pembangunan yang dilakukan.

Salah satunya pembangunan di sektor pertanian.

Tak hanya kualitas SDM, kuantitas juga kata Hamzah sangat dibutuhkan Kabupaten Gorut yang terdiri dari 123 desa dari 11 kecamatan ini.

“Kita (Gorut.red) terdiri dari 123 desa, sedangkan tenaga penyuluh pertanian yang tersedia hanya sekitar 90 orang. Artinya, masih mengalami kekosongan sekitar 30 orang lagi,” urainya.

Aleg Fraksi Golkar itu menegaskan, meratanya jumlah tenaga penyuluh pertanian sangat berpengaruh terhadap perkembangan sektor pertanian di Gorut.

“Saya menilai belum efektif jika ke 90 penyuluh harus mendampingi para petani di 123 desa. Kita membutuhkan 30 hingga 33 lagi untuk melengkapinya,” kata Hamzah, saat memberikan arahan bagi para tenaga penyuluh, yang berlangsung di Dinas Pertanian Gorut, Rabu (27/11).

Hamzah Sidik saat memberikan arahan kepada para tenaga penyuluh pertanian, foto: istimewa.

Untuk mengatasi hal itu kata Hamzah, bisa dilakukan dengan cara memanfaatkan para sarjana pertanian.

“Pemerintah Daerah (Pemda) sebenarnya bisa melakukan pendataan berapa jumlah sarjana pertanian di Gorut melalui Dinas Pertanian, untuk kemudian bisa diberdayakan sebagai tenaga penyuluh pertanian,” tukasnya.

Dengan begitu menurut Hamzah, sektor pertanian di Gorut akan semakin bergeliat.

“Masyarakat pun akan bisa memberdayakan pertanian yang baik dan meningkatkan hasil yang ada juga. Dengan kata lain, akan bisa mengontrol juga perekonomian masyarakat khususnya dari hasil pertanian yang memuaskan. Nah, dengan meratanya penyuluh, petanilah yang akan merasakan dampak positifnya secara langsung,” pungkasnya. (brig)

Be Sociable, Share!

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
%d bloggers like this: