BERITAGORONTALOKAB. GORONTALO

Jadi Sarang Hewan Berbisa, Masyarakat Di Tilango Gotong Royong Bersihkan Rumput Liar di Pinggir Jalan

GORONTALO, sulutGO- Sejumlah masyarakat Kecamatan Tilango dari Desa Tabumela dan Desa Tilote melakukan gotong royong membersihkan pinggiran jalan desa.

Mulai dari membabat rumput liar yang menjadi sarang binatang berbisa seperti ular dan biawak di salah satu lokasi lahan tidur terletak di Dusun 3 Desa Tabumela Kecamatan Tilango Kabupaten Gorontalo.

Salah satu lahan milik seorang warga Desa Bulila Kecamatan Telaga Induk itu, sudah sekian lama diakui warga tidak pernah digarap lagi, sehingga mengakibatkanpopulasi hewan berbisa berkembang biak di tempat tersebut.

Banyak warga yang mengaku mengkhawtirkan tempat itu yang kemungkinan berbahaya bagi warga yang bermukim di sekitar lahan tersebut.

Mereka pun, kata salah satu warga, langsung mendatangi Kades Tabumela, melaporkan serta meminta solusi permasalahannya.

“Karena hal ini tidak boleh dipandang sebelah mata pak Kades, karena lokasinya sudah rawan dan meresahkan warga”.

Kadir Puyo selaku Kades Tabumela didampingi beberapa aparat lainnya ketika ditemui warga, merespon positif dan berterima kasih atas laporan warga yang juga turut membenarkan kalau kondisi tersebut sedang dialami warga masyarakatnya selama ini dan selebihnya telah berdampak buruk, dimana diantara warga masyrakat, khususnya pengusaha ternak unggas ayam merasa dirugikan karena sudah ada ratusan ekor ternak ayam milik mereka habis dimangsa biawak dan ular.

Selain itu, penuturan warga lainnya, bahkan ada beberapa ekor biawak dan ular yang sering masuk di rumah-rumah warga, keliaran bebas di jalanan.

Ketika dimintai tanggapan Kades Tabumela tentang hal ini, pihaknya menegaskan akan menyikapi serius tentang laporan warganya ini.

“Tentu hal ini memerlukan kerja sama yang baik dari masyarakat utamanya yang bermukim di lokasi bersama pemilik lahan,” kata Kades.

Sebelum laporan ini diterimanya, pihaknya sudah pernah menghubungi pemilik lahan sebanyak dua kali, dan jawaban dari yang bersangkutan tidaklah pasti.

“Nanti akan diurus oleh anak buah saya,” kata Kades menirukan yang dikatakan oleh pemilik lahan.

Namun, lanjut kades, sampai saat ini belum juga ada geliatnya. Olehnya dalam waktu dekat ini pihaknya akan menyikapi laporan ini sesegera mungkin.

Setelah dikoordinasi bersama pemerintah setempat, mediasipun terus dilakukan Sumanto Ibrahim dan menghubungi pemilik lahan Hi. Kadir Lasomba di rumah kediamanya di Desa Bulila Telaga dengan laporan yang sama.

Pihak pemilik menyambut baik dan berterima kasih atas laporan tersebut dan menyatakan bersedia siap akan bekerja sama dengan pihak warga masyarakat dalam aksi bersih massal di lokasi lahan miliknya.

Tepatnya hari Sabtu, 10 Maret 2019 pukul 07.30 wita (satu jam sebelum pekerjaan dimulai) pemilik lahan hi. Kadir Lasomba telah mendatangi langsung lokasi lahannya, semntara beberapa warga sekitar lahan sudah siap untuk bekerja bersih-bersih massal.

Pemilik lahan pun menyampaikan permohonan maaf dimana pihaknya tidak sempat mengerahkan tenaga kerja namun hanya bisa membantu memberikan tambahan dana konsumsi untuk para pekerja walau hanya alakadarnya.

Karena dihantui rasa takut was-was, tanpa menunggu perintah, tepat pukul 08.00 wita, dengan hati-hati beberapa warga pun mulai membabat rumput-rumput liar.

Ditemukan beberapa lubang-lubang dicurigai tempat perkembangbiakan binatang liar dan keluar berapa ekor induk dan anak biawak berhasil lolos, juga ada berhasil ditangkap dan terbunuh.

Pembersihan pun terus dilakukan hingga berakhir sekitar pukul 11.30 wita.

Dari beberapa warga masyrakat yang telah turut serta dalam kegtan kebersihan massal tersebut adalah gabungan unsur tokoh pemuda dan masyarakat sekitar dari kedua Desa Tabumela dan Desa Tilote.

Dimintai tanggapan seorang tokoh masyarakat Desa Tilote yang juga tetangga terdekat purn. TNI AD Aryanto Wartabone, mengatakan “Gerakan massal ini semata-mata untuk saling membantu dalam kehidupan bertetangga, membantu warga masyrakat dengan tidak memiliki tendensi apa-apa serta tidak bernuansa politik, ” pungkasnya.

Laporan: Sumanto
Penulis: Irfan Mohammad

Be Sociable, Share!

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close