BERITAGORONTALOKAB. GORONTALOLEGISLATOR

Ketua DPRD Harap Pokok-Pokok Pikiran DPRD Diakomodir

GORONTALO, sulutGO– Pimpinan DPRD Kabupaten Gorontalo mengingatkan kepada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Gorontalo agar dapat mengakomodir pokok-pokok pikiran DPRD dalam Rencana Kerja (Renja) OPD Tahun 2019.

Mengingat pokok pikiran DPRD itu juga merupakan kebutuhan masyarakat yang disampaikan kepada DPRD melalui reses DPRD. 

Demikian disampaikan Ketua DPRD Kabupaten Gorontalo Sahmid Hemu usai melaksanakan rapat komisi dengan badan anggaran terkait KUA PPAS, di aula Kantor DPRD Kabupaten Gorontalo, Senin (20/11).

“Pokok-pokok pikiran DPRD itu jangan sampai tidak terakomodir, karena sesuai kesepakatan, hasil reses kita di tahun 2018 itu akan diakomodir di 2019,” ujar Sahmid.

Disampaikanya, bahwa dengan diakomodirnya pokok pikiran DPRD ini, maka pada pembahasan di DPRD nanti tidak akan ada perbedaan persepsi antar forum perangkat daerah, komisi dan banggar.

“Sehingga apa yang kita bahas dengan TAPD adalah mengakomodir semua kepentingan fraksi, kepentingan daerah pemilihan, dengan kepentingan yang ada sangkut pautnya dengan program-program kemasyarakatan,” tuturnya.

Oleh karena itu, Sahmid juga meminta kepada bappeda untuk memaparkan ke DPRD hal yang masuk dalam e-planning, yang nantinya ini akan menjadi masukan untuk banggar DPRD pada pembahasan TAPD.

“Karena hal ini penting bagi kita sebagai DPRD yang punya kewenangan untuk melakukan penganggaran dan pengawasan. Masa kita tidak bisa mengakses itu?” ujarnya lagi.

Menurutnya, pokok pikiran DPRD ada payung hukumnya, sehingga OPD punya kewajiban untuk mengakomodirnya.

Meskipun diakuinya, tidak wajib seluruh pokok pikiran harus diakomodir karena disesuaikan dengan kemampuan keuangan daerah.

Namun dalam memverifikasi pokok pikiran itu harus dijalin komunikasi yang baik. 

“Oleh karena itu dari 2019 itu kita coba pasang target. ‘Target’ disini bukan berarti kita berambisius, tapi paling tidak kita mantapkan itu dan kita ukur,” ucap Sahmid. (vt)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close