GORONTALOKAB. GORONTALONASIONAL

Kriyanusa 2019, Dekranasda Kabupaten Gorontalo Ambil Bagian Promosikan Kerajinan Gorontalo

JAKARTA, sulutGO- Ketua Dewan Kerajinan Daerah (Dekranasda) Kabupaten Gorontalo Dr. Fory Armin Naway menghadiri Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Dekranas Tahun 2019 yang digelar di gedung A.H Nasution, kementerian Pertahanan RI Jakarta, Selasa (10/09/18).

Rakernas yang dibuka langsung Ketua Umum Dekranas Mufidah Jusuf Kalla dan diikuti Ketua Dekranasda seluruh Indonesia tersebut mengangkat tema ‘Bekerja dengan hati untuk memajukan kerajinan indonesia’.

Bukan hanya itu, Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) kembali menyelenggarakan pameran Kriyanusa 2019.

KriyaNusa adalah ikon pameran kerajinan yang terbesar dan ditujukan sebagai wadah promosi produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) binaan Dekranas di seluruh Indonesia.

Pameran KriyaNusa akan diselenggarakan pada 11 sampai 15 September 2019 di Balai Kartini, Jakarta.

Pameran bertema ‘Peningkatan saya saing produk kerajinan melalui pengembangan kreativitas & kewirausahaan’.

Pameran KriyaNusa 2019 diikuti oleh Dekranasda seluruh Indonesia yang memfasilitasi pengrajin di wilayahnya masing-masing.

Buka hanya itu sejumlah BUMN dan Kementerian juga memfasilitasi mitra binaan untuk terlibat, sehingga terdapat 246 stand yang terdiri dari; 37 stand Kementerian dan BUMN, 170 stand Dekranasda, 25 stan individu, 8 stand mitra, dan 6 stand asosiasi.

Terlebih khusus dekranasda Kabupaten Gorontalo, pada pameran Kriyanusa tahun 2019 turut ambil bagian yang tergabung pada stand pameran dekranasda Provinsi Gorontalo.

Dalam rakernas dekranas banyak hal yang dibahas dalam rangka mencintai dan mengembangkan produk UMKM daerah.

Kehadiran ketua-ketua dewan kerajinan daerah untuk selalu selalu jadi pendamping penyemangat juga sebagai mitra membina IKM/UKM dan pengrajin untuk selalu meningktkan dan mengembgkan usahanya.

Fory Naway menyampaikan, dirinya akan terus mendorong pelaku UMKM di Kabupaten Gorontalo untuk menghasilkan kerajinan yang bernilai jual dan berdaya saing.

“Kerajinan ini adalah potensi yang harus terus dikembangkan, dan Saya akan selalu mendukung upaya pengembangan tersebut,” ungkap Fory.

Dirinya juga melihat kerajinan hasil karya UMKM Gorontalo memiliki nilai jual yang tinggi apabila dikelola dengan baik.

Karena alasan itulah ia akan terus mendorong pelaku UMKM untuk menghasilkan kerajinan yang bernilai jual dan berdaya saing.

“Ini harus dikembangkan, karena ini adalah potensi yang Kita miliki dan bernilai ekonomi yang nantinya dampaknya juga akan dirasakan oleh pelaku UMKM di Gorontalo,” terang Fory.

Harapannya, dengan mendorong pelaku UMKM kerajinan dapat memberikan dampak ekonomi pada pelaku UMKM di Kabupaten Gorontalo. (if)

Editor : Fitra Wahyula Tonote

Be Sociable, Share!
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
%d bloggers like this: