GORONTALOHEADLINESKAB. GORONTALOKAMPUS

Nelson Pomalingo : Silat dan Langga Bukan Hanya Sekedar Seni, Tapi Warisan Budaya

LIMBOTO, sulutGO- Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo memberikan sambutan pada kejuaraan Pencak silat Open Turnamen antar SD, SMP, SMA, Mahasiswa dan Umum se-Regional, Senin (09/09/19).

Kegiatan Turnamen Pencak Silat dibuka oleh Wakil Gubernur Gorontalo Dr. Idris Rahim, MM di Gedung David Bobihu UMGo yang dirangkaikan dengan Hari Olahraga Nasional sekaligus Milad Universitas Muhammadiyah Gorontalo (UMGo) pada bulan November.

Nelson mengatakan bahwa pencak silat di Gorontalo terus berkembang yang merupakan warisan budaya dimana di Gorontalo juga dikenal dengan langga.

Dirinya merasa bangga terhadap masyarakat terutama kalangan anak-anak karena sangat antusias dalam mengikuti event tersebut.

Lebih dari 10 jawara yang ada di Provinsi Gorontalo bahkan bergembira sudah punya padepokan, dalam meningkatkan semangat para atlet silat.

“Dimana kami selalu melakukan tournament di daerah selain itu di ikutkan di tingkat nasional bahkan kejuaraan Internasional walaupun hanya mendapatkan juara di sisi seninya, ini menunjukkan sudah melahirkan atlet-atlet terbaik untuk pencak silat,” ucapnya.

“Saya ingin tegaskan tidak sekedar seni, bela diri serta warisan budaya tetapi terkait pembinaan karakter, khususnya di Kabupaten Gorontalo sudah membuat desa konservasi budaya talumelito khususnya pencak silat dan langga,” sambung Nelson.

Sementara Rektor UMGo Dr. dr. Isman Yusuf, Sp.S berusaha menjadikan kampus UMGo sebagai persemaian bibit-bibit atlet Pencak Silat Provinsi Gorontalo.

Menurutnya, jika UNG dikenal melahirkan atlet Sepak Takraw yang mengharumkan Provinsi Gorontalo ke tingkat nasional dan internasional mewakili indonesia, maka UMGo bertekad melahirkan atlit di bidang bela diri.

“Maka kami bertekad atlet pencak silat lahir dari kampus UMGo, oleh karena itu sebagai bentuk dukungan event ini dilaksanakan setiap tahun. Bahkan untuk Siswa SMA bagi yang ikut kegiatan ini langsung diangkat menjadi mahasiswa UMGo tanpa tes, bagi juara Is/d III diberikan beasiswa gratis Spp satu semester. Ini merupakan upaya kami membuka peluang bagi siswa/siswi SMA/SMK sederajat untuk masuk di kampus UMGo dalam megembangkan pencak silat,” ujarnya. (ri)

Editor : Fitra Wahyula Tonote

Be Sociable, Share!
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
%d bloggers like this: