GORONTALOHEADLINESPOHUWATO

O,47 Ton Sampah Berhasil Dikumpulkan Saat Gerakan Menghadap Laut

POHUWATO,sulutGO-Dalam rangka merayakan Hari Ulang Tahun ke 74 Kemerdekaan Republik Indonesia, Puluhan organisasi lingkungan di Pohuwato – Gorontalo, turut ambil bagiandalam mensukseskan aksi Indonesia Menghadap Laut 2.0 yang dilaksanakan pada (18/8) di Pantai Pohon Cinta.

Ini merupakan gerakan nasional tahunan yang digagas oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan RI sejak tahun 2018. Gerakan ini serentak dilaksanakan di lebih dari 74 titik seluruh Indonesia.

Bersama Burung Indonesia, turut serta dalam gerakan ini Bupati Pohuwato, Kejati Gorontalo, Kejari Pohuwato, Kapolres Pohuwato, Forum Muspida Pohuwato, Balai KSDA Sulawesi Utara, Japesda Gorontalo, Yascita, FRM, POSSI Pohuwato, Free Dive Pohuwato, FKH, AJP, sekolah pesisir, KPA Tomulo, Sispala Rhizopora, Inspirasi Gorontalo, cleaning service DLH dan cleaning servise Pariwisata Pohuwato dengan total peserta ± 250 orang.

Sebelum aksi bersih pantai, para peserta yang terlibat didalam gerakan ini menandatangani komitmen bersama untuk menjaga kebersihan pantai dan laut.

Dalam aksi bersih – bersih pantai di Pantai Pohon Cinta – Pohuwato, sedikitnya 470,59 kg sampah terkumpul dan akan diolah oleh Unit Pengolahan Sampah Terpadu milik Dinas Lingkungan Hidup.

Sampah yang dikumpulan sebanyak itu tidak hanya diperoleh dari daratan, ada juga pengumpulan didasar laut oleh tim penyelam dari POSSI dan Free dive.

Puncak acara ini adalah pembentangan merah putih sepanjang 74 meter dan seluruh peserta aksi bergandengan tangan menghadap laut diiringi lagu padamu negeri.

Meskipun kegiatan ini merupakan yang pertama kalinya dilakukan di Pohuwato, tetapi ini merupakan langkah awal untukmembangun komitmenbersama terhadap perlindungan dan kelestarian sumber daya pesisir dan lingkungannya.

”Semua pihak tidak hanya pemerintah, memiliki tugas untuk melakukan konservasi dan pelestarian keanekaragaman hayati laut untuk memastikan keberlanjutanhasil laut Indonesia bagi kesejahteraan bangsa. Kedepan kita akan terus galakkan aksi nyata terhadap perbaikan lingkungan di Pohuwato” ungkap Amsurya Warman Amsa selaku Program Maneger Burung Indonesia di Gorontalo.

Sementara itu dalam sambutannya Bupati Pohuwato menuturkan bahwa laut adalah masa depan daerah, untuk itu dirinya berharap semua pihak dapat menjaga kelestarian laut terutama jangan membuang sampah sembarangan.

“saya menghimbau segenap elemen masyarakat untuk turut menjaga lautan dan sumberdaya pesisir, Jangan ada lagi yang membuang sampah ke laut dan kurangi penggunaan plastik sekali pakai, sehingga pencemaran sampah laut bisa secara bertahap kita kurangi. Syarif juga mengatakan bahwa Aksi – aksi seperti ini harus kita perbanyak sebagai bagian penting dari upaya nyata melestarikan laut.Pemerintah Daerah Pohuwato menaruh perhatian pada keberlanjutan laut bagi kesejahteraan ekonomi masyarakat” tutur Syarif. (Cha)

Be Sociable, Share!
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
%d bloggers like this: