BERITAGORONTALOKOTA GORONTALOLEGISLATOR

Pansus II kembali Bahas Ranperda Kota Layak Anak

GORONTALO, sulutGO- Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Gorontalo Menggelar Rapat Panitia Khusus (Pansus) II, terkait lanjutan Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Tentang Kota Layak Anak.

Rapat Ranperda, Senin (25/2) bertempat di Aula II Kantor DPRD Kota Gorontalo tersebut, dipimpin Ketua Pansus II, Tien Suharti Mobiliu juga di hadiri ketua DPRD Fedriyanto Koniyo, Sekretaris Pansus, Darlina Dihuma serta Anggota, Syamsudin Umar, Jemmy Mamangkey, Betty Ibrahim.

Turut hadir pihak Kementerian Hukum dan Ham (Kemenkumham), Asissten Pemerintahan dan Kesra Setda, Kepala Bagian (Kabag) Pemerintahan Setda Gorontalo, Kabag Hukum Setda, Inspektorat Kota Gorontalo, serta sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait.

“Dimana Ranperda kota layak anak ini merupakan pembahasan yang ke 2 (dua) kali, dan kemudian merupakan usul inisiatif legislatif, tentunya dengan sasaran, target dan tujuan kami dimana hak-hak anak itu bisa mereka dapatkan sesuai dengan perundang-undangan,” ujar Tien Suharti Mobiliu.

Tien mengatakan, sesuai dengan perintah undang-undang setiap daerah Provinsi, Kabupaten/Kota harus ada perda mengenai kota layak anak.

“Tentunya ada 33 indikator terkait dengan kota layak anak yang memang setiap tahun dinilai oleh kementerian sehingga itu yang harus dipenuhi oleh kabupaten/kota,” ungkapnya

Menariknya Tutur Tien, pihaknya akan memberikan ruang kepada anak agar mendapatkan kebebasan hak dengan menfasilitasi rumah ramah anak yang bisa diadakan dalam rumah sakit ataupun tempat perbelanjaan.

“Sehingga ini merupakan perda yang sangat benar-benar komprehensif dengan memberikan perbelakuan yang ramah terhadap anak-anak dan Undang-undang yang menjamin bahwa mereka dibawah pengawasan, tanggungjawab baik provinsi, kabupaten/kota,” tandasnya

Terakhir jelas Tien mobiliu, mengenai perda ini pihaknya menginisiasi dengan mengharapkan untuk target kota Gorontalo kedepanya mengenai kekerasan terhadap anak dan eksploitasi sudah tidak akan terjadi lagi. (Ag)

Be Sociable, Share!

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close