BONE BOLANGOGORONTALOHEADLINESTEKNO

PLTMH Bakal Hadir Di Suwawa Timur

BONEBOL,sulutGO – Bupati Bone Bolango (Bonebol) Hamim Pou, lakukan peletakan batu pertama untuk Pembangunan Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH) di Desa Poduwoma Kecamatan Suwawa Timur, Kabupaten Bonebol Kamis (14/03).

Proyek ini ditaksir dengan anggaran kurang lebih 450 M, dengan kekuatan 9,9 Mega Watt itu setara dengan 25 ribu sampai 30 ribu rumah yang dapat terjangkau pasokan Listriknya.

“Dan itu kalau sudah rampung InshaAllah bisa membantu mengurangi krisis energy listrik di Gorontalo,”Terangnya

Ia menjelaskan pembangunan PLTMH ini dimanfaatkan dengan sumber daya alam terutama air yang melimpah ruah di Bonebol.

“Karena stok air kita yang sangat banyak maka untuk tidak terbuang percuma kira tampung akan tetapi tetap akan dialirkan kembali, untuk dibuatkan menjadi listrik. Kemudian listriknya akan dijual ke PLN dan masyarakat dapat membeli ke PLN dengan harga terjangkau,”Jelas Hamim

Hamim juga menghimbau kepada masyarakat untuk terlibat dalam mengawal pembangunan PLTMH yang ditargetkan 20 bulan lagi akan selasai ini, dengan melihara lingkungan dan sumber airnya.

Lanjutnya, saya yakin dengan akan adanya PLTMH ini perekonomian masyarakat akan meningkat.

Acara ini turut dihadiri Bupati Bonebol Hamim Pou, Kapolres Bonebol, Sejumlah SKPD, Camat setempat, Kepala desa, Tokoh Masyarakat dan ratusan masyarakat Desa Poduwoma Kecamatan Suwawa Timur.

Sementara itu Manager UPPK PLN Gorontalo Yayan Gobel, menjelaskan hadirnya PLTMH ini merupakan suatu program unggulan.
“PLTMH itu salah satu program unggulan tenaga pembangkit listrik, selain karena dia murah juga tidak menggunakan bahan bakar. Tentunya ini sangat berpengaruh bagi pola operasi system bersama PLN. Dan jika dari sisi finansial PLN akan sangat menghemat,”Jelasnya

Yayan melanjutkan, manfaat yang paling utama dengan adanya PLTMH di Kecamatan Suwawa Timur ini akan dapat lebih meningkatkan pelayanan kita khususnya pada Desa Pinogu. Seperti yang kita ketahui disana ada 5 desa dengan 400 KK dan kemungkinan akan jadi 750 KK yang akan kita layani nantinya, dan mereka sangat membutuhkan suplay listrik ini.

Dari sisi geografis, sebelumnya wilayah yang berada di PLTMH ini sangat rawan dengan gangguan-gangguan sehingga diharapkan dengan adanya PLTMH ini bisa meminimalisir gangguan tersebut .

Dan ini bisa mengurangi ketergantungan kita terhadap pembangkit-pembangkit listrik lainnya, ini pada intinya sangat membantu pelayanan dari kami pihak PLN dan bermanfaat bagi masyarakat sekitar sini. (Widy/Humas)

Be Sociable, Share!

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close