GORONTALOHEADLINESKOTA GORONTALOLEGISLATOR

Rapat Paripurna DPRD Terkait LKPJ Kepala Daerah Tahun 2018, Pansus Berikan Rekomendasi.

GORONTALO, sulutGO – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Gorontalo Menggelar Rapat Paripurna terkait dengan pemberian Rekomendasi atas Laporan Keterangan PertanggungJawaban (LKPJ) Kepala Daerah Tahun 2018.

Rapat Paripurna yang dilaksanakan, Sabtu (4/5) di Ruang Aula I DPRD Kota Gorontalo. dipimpin langsung oleh Ketua Fedriyanto Koniyo didampingi Walikota Gorontalo Marten A Taha serta Wakil Ketua I Ketty P. Mayulu.

Berdasarkan Peraturan Perundang-undangan Nomor 3 Tahun 2007 sangat jelas diatur bahwa Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) melakukan penilaian atas 3 hal yakni urusan kewenangan pemerintah pusat yang diberikan kepada daerah (Desentralisasi), urusan tugas pembantuan serta tugas umum pemerintahan.

FYK sapaan akrab Fedriyanto mengatakan, terkait dengan rekomendasi-rekomendasi yang paling banyak disoroti oleh anggota Panitia Khusus (Pansus) adalah mengenai program prioritas Walikota Gorontalo.

Dimana ada beberapa konteks program  prioritas itu seperti kartu sejahtera belum maksimal mengcover seluruh kebutuhan masyarakat terutama untuk salah satu poinya, pemberian santunan bagi meninggal yang dunia.

Dirinya menyebutkan, ada juga dalam hal ini sifatnya program-program yang sudah dianggarkan oleh DPRD dan Pemerintah di pembahasan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD), namun ternyata belum maksimal 100%.

“Belum tuntas karena menyangkut serapan anggarannya ada yang 70% atau 80 %. teman-teman Pansus sudah mencatat dan sudah memberikan catatan-catatannya agar hal-hal seperti itu jangan terulang lagi,” tukasnya.

Pemerintahan itu sistem perencanaannya sudah sangat jelas, berdasarkan dokumen perencanaan yang sudah disepakati dan di berikan surat keputusan oleh walikota didalam bentuk LKPD.

“Sehingga seharusnya kendala-kendala secara administratif tidak perlu ada lagi sebab sudah dianggarkan dan direncanakan,” tutupnya.

Sebelumnya, bertindak sebagai ketua Pansus yakni Ariston Tilameo yang juga sebagai Ketua Komisi B sudah membacakan hasil kerja pansus terkait dokumen LKPJ Kepala Daerah dan menyerahkannya langsung kepada Walikota Gorontalo. (Ag)

Be Sociable, Share!

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close