GORONTALOHEADLINESINSPIRASIKOTA GORONTALO

Teka-Teki Benteng Nassau Di Kota Gorontalo Mulai Terkuak

GORONTALO, sulutGO – Rasa Penasaran mengenai teka-teki penemuan struktur bentuk bangunan peninggalan zaman kolonial belanda Benteng Nassau atau New Nassau akhirnya secara perlahan mulai terkuak.

Seperti yang dijelaskan oleh Tim Peneliti dari Balai Arkeologi Sulawesi Utara, Irfanuddin Wahid Marzuki melalui Press Release di salah satu Rumah Kopi Kota Gorontalo, Kelurahan Biawao, Minggu malam (14/4).

hal ini menurutnya diperkuat dengan beberapa bukti sejarah, gambar, foto hingga arsip kolonial yang telah mereka kumpulkan serta melihat keadaan dan kondisi saat ini.

Letak bangunan bersejarah itu berada di lokasi Asrama Polisi (Aspol) Polres Kota Gorontalo, berdasarkan temuan tersebut dipastikan setelah melewati penelitian yang cukup panjang sejak tahun 2018 kemarin.

Lanjut Irfanudin, saat ini banyak yang tidak mengetahui sejarah dan keberadaan Benteng Nassau hanya saja kebenaran tersebut diakui adanya berdasarkan bukti sejarah arsip-arsip Kolonial yang menyebutkan adanya Benteng Nassau di Kota Gorontalo berada di teluk Gorontalo, diapit antara dua Sungai Bone dan Sungai Bolango.

“Kita sudah mencoba mencari lokasi tersebut sudah dari beberapa waktu yang lalu dari 2008 dengan PDA, baru tahun 2018 kita mencoba untuk melihat koleksi foto-foto lama dan kita padukan dengan kondisi yang sekarang” ungkap Irfan.

Seperti dituturkan Irfanudin, dirinya memilih topik penilitian sejarah Gorontalo sebab lokasi di Gorontalo atau Benteng Nassau sangat setrategis, masih terdapat banyak peninggalan arkeologis bangunan indis dan kolonial yang ada.

“Untuk kondisi Benteng Nassau saat ini sudah tidak memungkinkan untuk melacak dan merekonstruksi, tim Peneliti berasumsi bahwa kemungkinan kondisi benteng rusak diakibatkan bencana banjir, tsunami dan usia Benteng Nassau.”tutupnya (ag)

Be Sociable, Share!

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close