BERITAGORONTALOGORONTALO UTARANASIONAL

Tingkatkan Kinerja, Sekdes se-Kabupaten Gorut Diwajibkan Ikut Program Ini!

JAKARTA, sulutGO– Guna meningkatkan kinerja Sekretaris Desa (Sekdes) di bidang anggaran desa, maka seluruh sekdes se-Kabupaten Gorontalo Utara (Gorut), diwajibkan untuk mengikuti Integrated Leadership Development Program (ILDP).

Dilaksanakan di Hotel Ibis Mangga Dua, Jakarta, Selasa (02/10), giat program tersebut dihadiri oleh 123 Desa dari 11 Kecamatan di Gorut.

Dalam sambutannya, Bupati Gorut, Indra Yasin mengatakan, program ini wajib diikuti, sebab desa mempunyai posisi yang sangat penting, terutama pelayanan masyarakat khususnya bidang administrasi dan anggaran.

“Program ini kami khususkan dalam pelatihan administrasi, penyusunan anggaran, dan pertanggungjawaban desa terhadap publik,” ujar Indra Yasin.

Indra Yasin mengungkapkan, terlibatnya kepala desa dengan masalah hukum, tidak lain karena administrasi dan keuangan desa.

“Setelah ikut program ini, saya harap sekdes lebih jeli lagi terutama dalam pengelolaan keuangan desa karena ini yang menjadi masalah kalau kades terjerat pidana,” ungkapnya.

Indra Yasin menjelaskan,  Sekdes merupakan administrator yang sangat penting, sehingga bertanggung jawab dalam administrasi, keuangan desa, dan yang paling penting tanggungjawab terhadap pelaksanaan pemerintahan yang dilaksanakan tiap tahun, serta pertanggungjawaban akhir masa jabatan kepala desa.

“Makanya saya harapkan sekretaris desa harus aktif pada saat pelatihan agar ilmunya berguna untuk jabatannya di desa,” tutupnya. (hms/rp/b-fly)

Be Sociable, Share!

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close