BERITAGORONTALOHUKUM & KRIMINALKAB. GORONTALO

Antisipasi Masalah Hukum Penyelenggara Pemilu, Kejari & KPU Kabgor Teken MoU

GORONTALO, sulutGO– Dalam rangka mengantisipasi permasalahan hukum pada penyelenggara pemilu baik KPU, PPK maupun PPS dalam melaksanakan tugas, Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Kabupaten Gorontalo melakukan penandatanganan MoU bersama Ketua KPU Kabupaten Gorontalo terkait bidang hukum perdata dan TUN.

Hal tersebut diungkapkan Kajari Dr. Supriyanto SH, MH, “Penandatangan MoU tersebut untuk mengantisipasi agar dalam melaksanakan tugas sebagai penyelenggara Pemilu baik KPU, PPK maupun PPS dapat lebih optimal, karena tugas penyelenggara Pemilu rentan terhadap permasalahan hukum”.

Kajari menegaskan, jika nanti tindakan penyelenggara Pemilu tersebut menimbulkan sengketa hukum, apalagi masuk ke ranah pengadilan perdata maupun TUN, maka pihaknya selaku Jaksa Pengacara Negara akan siap mewakili menghadapi masalah hukum tersebut berdasarkan surat kuasa khusus.

Demikian pula jika ada sengketa Pemilu yang masuk ke Mahkamah Konstitusi (MK) maka Kejari Kabupaten Gorontalo dapat mewakilinya.

Pada kesempatan tersebut pula, Kajari diminta untuk memberikan pencerahan di bidang hukum terkait pelaksanaaan tugas penyelenggara pemilu kepada para Panitia Pemilihan Kecamatan agar dalam melaksanakan tugasnya dapat berjalan lancar dan tidak menyalahi peraturan hukum yang berlaku. (vt)

Be Sociable, Share!

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close