ADVETORIALGORONTALOHEADLINESHUKUM & KRIMINALKAB. GORONTALO

Bupati Gorontalo Apresiasi Program Jaksa & Polisi Sahabat Bentor

LIMBOTO, sulutGO- Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten Gorontalo dan unsur kepolisian Polres Gorontalo melakukan launching Program Jaksa dan Polisi Sahabat Abang Bentor, di Indoor Lapangan tenis rudis Bupati Gorontalo, Minggu (26/5/19).

Program ini dilakukan guna untuk mendukung pembangunan di Kabupaten Gorontalo dan sebagai salah satu metode para penegak hukum untuk membentuk kedekatan dan hubungan emosional dengan masyarakat.

Menurut Kepala Kejaksaan Negeri Kabupaten Gorontalo Dr. Supriyanto, berbagai inovasi telah dilakukan untuk mendekatkan diri antara pihak kejaksaan dengan masyarakat Kabupaten Gorontalo, antara lain jaksa sahabat guru, jaksa sayang anak, jaksa masuk desa, jaksa masuk masjid dan dan polisi sahabat abang bentor.

Selain itu, Kejari Kabgor juga berencana akan melaunching program jaksa sahabat nelayan, jaksa sahabat pedagang dan masyarakat.

“Ini kami lakukan untuk mendekatkan diri dengan masyarakat Kabupaten Gorontalo agar mereka tidak mersa takut kepada pihak penergak hukum,” ucap Kajari, Dr. Supriyanto.

Kalau dekat dengan masyarakat, lanjut Kajari, pihak penegak hukum akan dengan mudah memberikan pencerahan, mudah memberikan informasi dan arahan-arahan hukum sehingga masyarakat terhindar dari permasalahan hukum.

“Terkait program jaksa dan polisi sahabat abang bentor, ada dua dasarnya yakni pertama, di Gorontalo ini populasi bentor makin hari makin bertambah jumlahnya. Bentor ini agar dikelola dengan baik supaya mereka arahnya jelas. Sehingga bisa mendukung pembangunan, dan tidak mengganggu ketertiban lalu lintas. Intinya mereka patuh lalu lintas. Maka ini akan dikeola sama-sama antara pemerintah daerah, kejaksaan dan kepolisian,” kata supriyanto.

Kedua, sambungnya, ada beberapa teman-teman abang bentor yang sering berhadapan dengan hukum, atau terjerat masalah hukum pidana. Untuk itu perlu untuk mencari hulu masalahnya, tidak hanya memproses dan melakukan pidana saja.

“Nah, untuk mengetahui masalah itu, kita harus masuk di dalamnya dan setelah masuk kita dari hati ke hati untuk berbicara dan kemudian memberikan arahan-4rahan untuk tidak melanggar ketentuan-ketantuan yang ada,” tukasnya.

Sementara itu Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo memberikan apresiasinya atas inovasi dan program yang selama ini dicetuakan oleh pihak jaksa dalam rangka mendukung pembangunan di Kabupaten Gorontalo.

“Saya kira ini inovasi yang baik, kolaborasi yang baik antara pemerintah daerah, kejaksaaan dan juga kepolisian,” yngkap Nelson.

Ia yang juga sebagai dewan penasehat abang bentor itu menyampaikan, bahwa abang bentor ini sangat potensial karena merupakan modal trasportasi terbanyak di Kabupaten Gorontalo bahkan provinsi Gorontalo.

“Oleh karena itu, mereka harus dilayani dengan baik. Salah satunya sim-nya, pembinaan aturan kemudian meningkatkan tertibnya lalu lintas dan sebagainya,” tuturnya.

Abang bentor, kata Nelson, jangan hanya dipandang berdasarkan profesinya, akan tetapi juga dipandang keluarganya dan sebagainya.

“Untuk itu, saya selaku dewan penasehat abang bentor, kita tidak hanya memikirkan kepemilkan SIM mereka tapi juga memikirkan kepemilikan rumah dan tanah,” kata Nelson.

“Bagi abang bentor yang sudah berkeluarga tapi belum mempunyai rumah dan tahun ini kita telah memikirkan 1500 unit rumah bagi komunitas dan salah satunya komunitas abang bentor,” sambungya. (adv/if)

Be Sociable, Share!

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
%d bloggers like this: