GORONTALOHEADLINESHUKUM & KRIMINALKAB. GORONTALOMANADONASIONALSULAWESI UTARA

Jadi Narasumber Pada Sosialisasi Penerapan e-Sertifikat, Kajari Paparkan Sistem Hukum Dokumen Elektronik

MANADO, sulutGO– Menyongsong era digital dan kemajuan informasi teknologi,
Sektor pemerintahan di Indonesia mulai
menerapkan transaksi elektronik dalam lingkup publik atau privat dengan menggunakan sistem elektronik untuk kepentingan pelayanan publik, yakni wajib menggunakan sertifikat keandalan dan/atau sertifikat elektronik, seperti yang diamanatkan pada Peraturan Pemerintah No. 82 Tahun 2012.

Selain itu, Pemanfaatan Sertifikat Elektronik juga telah diamanatkan oleh UU No. 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE).

Sehubungan dengan itu, Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Kabupaten Gorontalo Dr. Supriyanto SH, MH diminta menjadi narasumber pada acara Sosialisasi Penerapan Sertifikat Elektronik dan Pemanfaatan Tanda Tangan Elektronik oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gorontalo.

Kegiatan tersebut diselenggarakan di Gedung BPD Sulutgo, Manado, Jumat (25/1/19), dimana pada kesempatan itu Kajari membawakan topik yakni tentang “Dokumen Elektronik Dalam Sistem Hukum Pembuktian di Indonesia”.

Kajari bersama Bupati Gorontalo, Kadis Kominfo dan Peserta Workshop

Dr. Supriyanto menyampaikan bahwa demi kepastian hukum, keadilan dan kemanfaatan hukum, maka perlu segera dilakukan pembaharuan hukum acara baik hukum acara perdata maupun acara pidana yang memberikan ruang yang pasti.

“Dimana bahwa dokumen elektronik bisa diterima secara luas sebagai alat bukti yang sah, karena selama ini yang sudah mengakomodir dokumen elektronik sebagai alat bukti yang sah adalah terbatas pada UU ITE, UU Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi, UU TPPU, UU Terorisme, dsb,” kata Dr. Supriyanto yang dihubungi via Whatsapp, Jumat (25/1/19).

Namun, lanjutnya, sementara secara umum dalam hukum perdata dan pidana bahwa dokumen elektronik belum mendapatkan tempat yang pasti dan jelas sebagai alat bukti yang sah. (vt)

Be Sociable, Share!

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close