BOLMONG RAYABOLMUTHEADLINESHUKUM & KRIMINALSULAWESI UTARA

Kapolsek Urban Kaidipang Hadiri Sosialisasi Pengawasan Partisipatif Pemilu 2019

BOLMUT, sulutGO – Pada hari Kamis tanggal 11 April 2019 pukul 15.00 wita di Kafe Dua Basudara Desa Boroko Kecamatan Kaidipang Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) Kapolsek Urban Kaidipang Kompol Brahmi Tamalihis menghadiri Sosialisasi pengawas partisipatif Pemilu 2019 yang dilaksanakan oleh Bawaslu Kabupaten Bolmut.

Acara tersebut dihadiri Ketua Bawaslu Bolmut Irianto Pontoh bersama komisionernya, Perwira Penghubung 1303 Bolaang Mongondow, Pimpinan Ormas, Perwakilan Parpol, LSM Penjara, Peserta pemula Pemilu, Perwakilan Tokoh masyarakat, Tokoh Agama, tokoh pemuda serta insan pers.

Menurut UU No 7 Tahun 2017, partisipasi masyarakat dalam pengawasan pemilu diperlukan dalam rangka melakukan pencegahan pelangggaran pemilu dan pencegahan sengketa proses pemilu. Dengan demikian pengawasan partisipatif masyarakat dijamin dan diatur dalam undang-undang.

Bentuk partispasi masyarakat dalam pengawasan pemilu dapat dilakukan dengan pemantauan, penyampaian laporan awal dan/atau informasi awal temuan dugaan pelanggaran, kajian, pengawasan kampanye dan bentuk-bentuk lain yang tidak melanggar ketentuan peraturan perundang-undangan

Dalam kesempatan tersebut Kapolsek Brahmi mengatakan, Dengan kekurangan sumber daya manusia pengawas pemilu, maka perlu ada strategi untuk dapat mengcover seluruh objek pengawasan dengan melibatkan partisipasi masyarakat.

Dengan sosialisasi pengawas partisipatif Pemilu 2019 yang dilaksanakan oleh Bawaslu Kabupaten Bolmut semoga menjadi tambahan pengetahuan bagi kita semua mengenai proses pemilu dan tata cara pengawasan pemilu.

Kepolisian bertugas juga mengenai pengamanan pemilu mulai proses penyelenggaraan pemilu sampai dengan pelaksanaannya dengan tujuan tercipta kondisi yang aman dan kondusif. (Dolvin)

Be Sociable, Share!

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close