ADVETORIALGORONTALOHEADLINESHUKUM & KRIMINALKAB. GORONTALOKAMPUSPENDIDIKAN

Mahasiswa FH UG Ikuti Moot Court Competition di IAIN

GORONTALO, sulutGO- Mahasiswa Fakultas Hukun Universitas Gorontalo (UG) diantarannya, Rizky Husain, Robiyanto Simbo, Alfian Mahmud, Atmowicahya, Marwin Agus Djibu, Wahyunita Adam, Rosman Ishak, Abd. Wahidin Taniyo, Syahril Molou, Desy Damayanti, Fitriyani Disini, Ray Ricky Derek, Siti Khairunisa dan Rijal Djunu, mengikuti kegiatan Moot Court Competition, yang dilaksanakan mulai tanggal 26-30 November 2018, di Aula LPM IAIN Sultan Amai Gorontalo.

Kegiatan yang diselenggarakan oleh IAIN Sultan Amai Gorontalo ini mengangkat tema, “Fiat Justitia Ruat Coelum” dimana, kegiatan ini turut dihadiri oleh Kajari Kabupaten Gorontalo Dr. Supriyanto, SH.,MH, Dekan Fakultas Syariah IAIN Sultan Amai Goronyalo Dr. H. Ajub Ishak, MA, Direktur LBH UG Dr. Ramdhan Kasim, SH.MH, Kajur Hukum Pidana Islam dan Seluruh Civitas Akademika Fakultas Syariah IAIN Gorontalo, dengan diikuti oleh seluruh Perguruan Tinggi baik Negeri maupun Swasta se-Provinsi Gorontalo.

Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Hukum UG Rizky Husain mengatakan, Moot Court atau yang sekarang dikenal dengan peradilan semu merupakan kegiatan ekstra kokurikuler mahasiswa Fakultas Hukum yang ada di lingkungan Universitas.

“Tujuan dari Moot Court itu sendiri adalah untuk memperkenalkan bentuk peradilan keseluruh mahasiswa, khususnya mahasiswa Fakultas Hukum agar dapat memudahkan mahasiswa dalam mempraktekan konsep dan teori di dalam hukum acara yang selama ini hanya dilihat dari media massa saja,” ujar Rizky.

Tujuan lainnya, lanjutnya, ialah memberikan pengetahuan kepada seluruh mahasiswa Fakultas Hukum yang ingin mengetahui bagaimana menjadi seorang Hakim, Pengacara, Jaksa, Penuntut Umum serta Perangkat Pengadilan lainnya secara baik dan benar di dalam acara persidangan.

Sementara itu, Wakil Ketua BEM Fakultas Hukum UG Ray Ricky Derek mengungkapkan, kegiatan ini sangat baik diikuti oleh mahasiswa Fakultas Hukum, karena dapat memberikan tambahan pengetahuan kepada mahasiswa tentang hukum itu sendiri, khususnya bagi mahasiswa yang ingin menjalankan profesi baik Hakim, Jaksa maupun Pengacara.

“Dimana, mahasiswa dapat langsung mempraktekkan baik hukum acara formil maupun materil, layaknya persidangan sesungguhnya,” ungkap Ray.

Ia menambahkan, melalui kegiatan ini, pengalaman mahasiswa bertambah, dimana biasanya peradilan semu hanya di praktekkan dalam mata kuliah saja, namun kali ini dijadikan kompetisi antar mahasiswa Fakultas Hukum se-Provinsi Gorontalo, yang disaksikan langsung oleh Kepala Kejaksaan Negeri Gorontalo yang sekaligus sebagai juri pada kegiatan tersebut.

“Dengan harapan, kegiatan seperti ini bisa terus berkelanjutan, sehingga kedepan dapat menjadi salah satu kompetisi yang bergengsi di kalangan mahasiswa hukum dalam mewakili Gorontalo dalam kompetisi peradilan semu pada tingkat Nasional nanti,” tandas Ray.

Untuk diketahui, kegiatan ini dibuka oleh Dekan Fakultas Syariah IAIN Sultan Amai Gorontalo Dr. H. Ajub Ishak, MA. (hmsug)

Be Sociable, Share!

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close