ADVETORIALGORONTALOHEADLINESKAB. GORONTALOKAMPUSPENDIDIKAN

Alumni Fakultas Kehutanan UG Diharapkan Miliki Daya Saing & Lebih Eksis

KAMPUS, sulutGO– Fakultas Kehutanan Universitas Gorontalo (Fahutan UG) menggelar kegiatan ramah tamah bagi calon wisudawan-wisudawati, yang dilangsungkan di gedung Auditorium UG, Kamis (15/8/19).

Kegiatan ini turut dihadiri Ketua Yayasan Pendidikan DPL Gorontalo Moh. Jamal Moodoeto, SE.,MH, Rektor UG Dr. Ibrahim Ahmad, SH.,MH, Wakil Rektor 1 UG Dr. Hj. Julie Abdullah, SE.Ak.,M.Ak, CA, serta sejumlah unsur pimpinan unit kerja dan lembaga di lingkup UG.

Dimana diikuti 30 calon wisudawan-wisudawati dengan mengundang para orang tua wali maupun pendamping seluruh calon wisudawan.

Dekan Fakultas Kehutanan UG Dr. Bachtiar Ismail, MP dalam sambutannya mengaku, saat ini Fakultas Kehutanan sedang menggagas pengembangan konsentrasi Program Studi (Prodi), berdasarkan visi fakultas yakni Fakultas Kehutanan Maju dan Terdepan Dalam Bidang Sains dan Teknologi Pada Tahun 2026.

“Saat ini Fahutan UG sedang menggagas pengembangan konsentrasi prodi diantaranya, konsentrasi manajemen hutan, perencanaan kawasan hutan, silvikultur atau budidaya tanaman hutan, konservasi sumber daya alam, agroforestry serta sosial forestry, dimana kesemuanya dimaksudkan untuk menjawab sekaligus menjalankan visi fakultas,” ujar Bachtiar.

Ia menegaskan, sebagai alumni bukan hanya sekedar membanggakan sebuah gelar yang diperoleh dari perguruan tinggi, akan tetapi mampu menunjukkan adanya keseimbangan maupun kesesuaian antara gelar dengan pengetahuan serta kemampuan yang dimiliki di tengah-tengah masyarakat.

“Jadi, sebagai alumni kehutanan, yang dibutuhkan adalah SDM yang mumpuni dan berperan aktif sekaligus peduli terhadap dinamika hutan dan kehutanan, bukan hanya SDM yang bergelar kesarjanaan saja yang dibanggakan, akan tetapi mampu beradaptasi terhadap berbagai permasalahan di masyarakat dan dunia kehutanan yang kekinian,” tegasnya.

Dengan harapan, sebagai alumni kehutanan semestinya memiliki daya saing serta lebih eksis lagi terkait dinamika kehidupan bermasyarakat, serta dapat mengamalkan ilmunya dalam mengatasi berbagai problem solver terhadap permasalahan perkembangan hutan dan kehutanan. 

Selain itu, Rektor UG Dr. Ibrahim Ahmad, SH.,MH dalam sambutannya mengatakan, menuju proses wisuda pasti panjang perjalanannya, dimana sebelum diwisuda pasti akan melalui proses pengujian dan ujian yang sesungguhnya adalah ketika ketika mahasiswa berada di tengah-tengah masyarakat.

“Sebelum diwisuda pasti melalui proses ujian, dan ujian yang sesungguhnya adalah ketika kita berkecimpun di dunia kemasyarakatan, dengan mengaplikasikan segala ilmu yang kita miliki,” imbuh Ibrahim.

Menurutnya, mengukur kualitas keilmuan yang dimiliki harus dipraktekkan langsung di lapangan (masyarakat).

“Karena masyarakatlah yang akan memberikan penilaian terhadap perilaku, karakter serta tingkat keilmuan kita sudah sejauhmana,” terang Ibrahim.

Tak lupa pula ia berpesan, kiranya mahasiswa kehutanan tetap kritis terhadap kebijakan-kebijakan yang dianggap keliru demi sebuah perubahan, serta tetap teguh untuk menjaga nama baik almamater Universitas Gorontalo, karena almamater inilah yang menjadikan anda menjadi individu yang intelek. 

Sementara itu, Ketua Yayasan Pendidikan DLP Gorontalo menambahkan, tujuan acara ini adalah mempertemukan para calon sarjana baru Fakultas Kehutanan, sehingga melalui kegiatan ramah tamah ini bisa terbina keutuhan diantara civitas, serta memiliki ikatan yang kuat antar sesama anggota rimbawan yang tidak pernah terputus.

Menurutnya, Fakultas Kehutanan memiliki lahan yang luas dan bisa dimanfaatkan, sehingga membutuhkan anggota rimbawan untuk beraktivitas dalam lahan tersebut.

“Oleh karena itu jangan pernah memutuskan hubungan dengan pihak fakultas yang telah melahirkan anda menjadi manusia yang berilmu,” tutur Jamal.

Ia berharap, semoga ilmu yang didapatkan di perguruan tinggi, bisa bermanfaat bagi bangsa, daerah, masyarakat dan keluarga serta beroleh pahala dari Allah SWT.

Untuk diketahui, di akhir kegiatan dilangsungkan penyerahan piagam penghargaan kepada lulusan terbaik oleh Wakil Rektor 1 UG Dr. Hj. Julie Abdullah, SE.Ak.,M.Ak, CA didampingi Dekan Fakultas Kehutanan Dr. Bachtiar Ismail, MP. (hmsug)

Be Sociable, Share!

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
%d bloggers like this: