ADVETORIALGORONTALOHEADLINESKAMPUSKESEHATANPENDIDIKAN

FKM UG Gelar Kuliah Umum, Hadirkan Guru Besar FKM UNHAS

KAMPUS,sulutGO– Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Gorontalo (FKM UG) menggelar kegiatan kuliah umum, yang diikuti oleh seluruh mahasiswa FKM UG.

Kegiatan yang dihadiri Dekan FKM, Wakil Dekan, Kaprodi serta para Dosen ini mengangkat tema yang bertajuk “Perspektif Tenaga Kesehatan Masyarakat di Era Milenial”, dengan mendatangkan pemateri dari Guru Besar FKM Universitas Hasanudin Makassar. Prof. Dr. dr. Muh. Tahir Abdullah M. Sc., MSPH, Kamis, (13/02) di Ruang Gizi.

Dr. dr. Muh Tahir Abdullah mengatakan, di era milenial, hidup orang bergantung pada dunia teknologi. Sampai-sampai untuk mendapatkan pelayanan kesehatan yang maksimal pun harus akses lewat Internet. Hal itu sangat sulit dipungkiri, pesatnya perkembangan teknologi membuat beberapa orang tidak boleh ketinggalan.

“Pembangunan kesehatan pada hakekatnya adalah upaya yang dilaksanakan oleh semua komponen bangsa Indonesia yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran, kemauan, dan kemampuan hidup sehat bagi setiap orang agar terwujud derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya,” tuturnya.

Oleh karena itu, lanjut dia, untuk mencapai derajat kesehatan yang optimal, maka dilakukan berbagai upaya pelayanan kesehatan yang menyeluruh, terarah dan berkesinambungan.

“Derajat kesehatan dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu lingkungan, perilaku, pelayanan kesehatan dan faktor keturunan, yang sangat besar pengaruhnya terhadap kesehatan adalah keadaan lingkungan yang tidak memenuhi syarat kesehatan dan perilaku masyarakat yang merugikan, baik masyarakat di pedesaan maupun perkotaan yang disebabkan karena kurangnya pengetahuan dan kemampuan masyarakat di bidang kesehatan,” jelas dr. Muh Tahir.

Sementara itu, Mayangsari Kau, SKM, M. Kes, Staf Dosen FKM UG yang menjadi moderator juga menambah kan, sebagai tenaga kesehatan yang bergerak dalam dunia preventif (pencegahan), maka seorang sarjana kesmas harus menjadi agent of change dan menjadi solusi dari semua masalah kesehatan yang ada di Masyarakat.

“Tenaga kesmas harus mengaplikasikan salah satu konsep terkenal untuk merumuskan tujuan secara efektif yaitu S.M.A.R.T,” pungkas Mayangsari. (Adv/humas)

Be Sociable, Share!

Related Articles

Leave a Reply

Close
%d bloggers like this: