ADVETORIALGORONTALOHEADLINESKAMPUSNASIONALPENDIDIKAN

Hadiri Semnas Hari Bumi, 3 Dosen UG Presentasikan Hasil Penelitian

GORONTALO, sulutGO- Ikut sebagai peserta Seminar Nasional (SEMNAS) Hari Bumi yang dilaksanakan di gedung Auditoriun UNG, 3 Dosen Universitas Gorontalo (UG) diantaranya, Dr. Meimoon Ibrahim, SE. MM, Dr. Ec. H. Ilyas Lamuda, MM dan Nurmin K Martam, SH.,MH menjadi presenter dalam memaparkan hasil penelitian, Sabtu (13/4/19).

Nurmin K Martam, SH.,MH mengaku, dengan sering menjadi presenter dalam setiap forum-forum ilmiah, baik tingkat lokal, nasional maupun internasional, tentu ini akan memberikan nilai tambah bagi setiap dosen itu sendiri.

Artinya, dosen tersebut terus mengupgrade keilmuannya, dengan kata lain serius dalam menjalankan tri dharma perguruan tinggi.

“Jadi, dosen tidak hanya dituntut untuk mengajar, tapi juga melakukan penelitian dan pengabdian masyarakat, bahkan perlu untuk mempublikasi karya ilmiah,” imbuh Nurmin.

Lanjut Nurmin mengatakan, dengan mengikuti forum-forum ilmiah, seperti halnya seminar nasional maupun internasional, maka akan semakin merangsang nilai-nilai akademis seorang dosen, bagaimana dia fokus mengembangkan keilmuannya dan itu pastinya berguna bagi anak didiknya (mahasiswa).

“Karena, jika kita sebagai dosen tidak sering mengupgrade keilmuan kita, maka kita akan tertinggal, karena perkembangan zaman begitu cepat di era revolusi industri 4.0,” jelasnya.

Sementara itu, Dr. Drs. Ec. H. Ilyas Lamuda, MM mengaku, dengan mengikuti kegiatan seminar nasional tersebut, maka dirinya semakin bersemangat untuk ikut aktif dalam forum-forum ilmiah lainnya.

“Alhamdulillah ini sudah kesekian kalinya saya hadir sebagai peserta seminar nasional, bahkan beberapa waktu lalu saya juga pernah hadir dan menjadi presenter di forum ilmiah di luar negeri. Sehingga, itu menjadi pemicu bagi saya untuk terus berkembang, walaupun usia sudah tak muda lagi, namun ilmu itu harus terus dikejar,” ujar Ilyas.

Lebih dari itu, Ilyas mengajak rekan-rekan dosen lainnya di lingkungan UG, untuk senantiasa aktif dalam setiap kegiatan akademik, mulai dari penelitian, pengabdian masyarakat dan publikasi ilmiah, baik di jurnal nasional maupun internasional. (hmsug)

Be Sociable, Share!

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close